Rizky Pratama (dua dari kanan) saat foto bersama rekan satu timnya di Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Sumatera Qualifiers

SMAN 1 Bandar Lampung kembali dengan ancaman yang sama. Peserta Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Sumatera Qualifiers harusnya sudah tak asing lagi dengan sosok mereka. Empat pelari asal Lampung yang berhasil meraih gelar juara pada nomor relays 4x100m musim lalu itu kembali berkompetisi.

Meski kehilangan salah satu amunisi terbaiknya, SMAN 1 Bandar Lampung berhasil menemukan pengganti yang pas. Bahkan sejak fase penyisihan saja, mereka sudah menunjukkan kekompakannya lewat catatan waktu yang nyaris melampaui rekor nasional SAC.

SMA Muhammadiyah 1 Aji Barang masih tegak berdiri di barisan rekor nasional SAC untuk nomor relays 4x100m dengan catatan waktu 44,37 detik. Hasil itulah yang membuat SMAN 1 Bandar Lampung harus puas di posisi kedua SAC Indonesia 2023 National Championship.

Hingga saat ini, SMAN 1 Bandar Lampung masih menjadi salah satu kandidat yang berpeluang besar untuk revans. Alias mematahkan rekor nasional SAC.

Di fase penyisihan saja, mereka sudah catatkan waktu 44,74 detik. Sayang, SMAN 1 Bandar Lampung masih kurang maksimal hingga partai final. Di mana mereka menuntaskan perlombaan ini dengan catatan waktu 44,40 detik. Hanya selisih 0,03 detik dengan rekor nasional SAC.

Walau gagal mengamankan target utamanya, yakni pecah rekor, SMAN 1 Bandar Lampung tetap keluar sebagai kampiun relays 4x100m di Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Sumatera Qualifiers. Mereka punya satu kesempatan lagi untuk membuktikannya di National Championship.

Baca Juga: Ditinggal Lulus Rekan 4x100m, Nicko Arya Malah Podium Satu di Sprint 100m

Rizky Pratama, amunisi anyaran milik SMAN 1 Bandar Lampung ini mengungkap alasan di balik gagalnya pecah rekor nasional SAC. 

“Pertama kali keluar kandang dari Lampung, jadi masih agak nervous. Sebenarnya kasih tongkatnya lancar, tapi gak tahu kenapa, malah ngurangin kecepatan pas di akhir. Harusnya bisa rekor itu tadi,” ucap Rizky, penuh penyesalan.

Walau target pecah rekor belum terpenuhi, Rizky tetap bangga. Lantaran berkompetisi di SAC Sumatera Qualifiers adalah mimpinya sejak lama. “Gila sih, dari SMP tuh saya sudah pantau terus sosmed SAC, soalnya pengen banget ikut dan baru kesampaian sekarang,” jelasnya semringah.

“Pas masih SMP, aku gak tahu infonya. Baru tahu pas SAC Sumatera selesai. Terus melihat juara-juaranya dapat medali, dan dikirim ke Jawa juga. Aduh, pengen sekali rasanya waktu itu. Akhirnya saya berlatih keras, Alhamdulillah bisa masuk SMAN 1 Bandar Lampung,” imbuhnya.

Seolah mimpi yang menjadi nyata. Semua pencapaian Rizky saat ini adalah gambaran nyata atas mimpinya tahun lalu. Rizky juga bakal menyentuh tanah Jawa untuk pertama kalinya di National Championship mendatang.

“Ke Medan saja aku sudah senang minta ampun, apalagi nanti ke Solo. Mau menunjukkan yang terbaik aja deh pokoknya, kita fokus pecahkan rekor nasional sama janji gak nervous lagi,” kata Rizky, lantas tertawa.

Apakah SMAN 1 Bandar Lampung bakal sukseskan revans dengan mematahkan rekor nasional SAC milik rivalnya musim lalu? Menarik untuk disaksikan!

Baca Juga: Rekor 1.000m Pecah! Maghayla Rachel Tepati Janjinya Meski Banyak Hambatan

Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Sumatera Qualifiers akan digelar pada 18-20 Oktober 2024. Nantinya, babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar dari lebih 2.135 sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. 

SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik paling akbar di Indonesia. Event ini digelar DBL Indonesia bersama Pertamina sebagai title partner. Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia.

Ikuti terus kabar mengenai SAC Indonesia melalui website www.sacindonesia.com dan Instagram @sacindonesiaofficial. (*)

  RELATED ARTICLES