Maghyala Ashika Rachel saat foto bersama catatan waktunya di penyelenggaraan Sumatera Qualifiers

Datang dari Bandar Lampung, Maghayla Ashika Rachel seketika jadi sosok yang patut diperhitungkan. Gadis yang baru memulai petualangannya di Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Sumatera Qualifiers, datang dengan penuh ancaman.

Bagaimana tidak, di musim perdananya bergabung dengan Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Sumatera Qualifiers, Rachel sukses pecahkan rekor nasional pada babak final middle distance 1.000 meter. 

Sebelumnya, Rachel sempat memberikan ancaman saat babak penyisihan. Dirinya nyaris saja mematahkan rekor nasional. Catatan waktu terbaik untuk nomor lomba 1.000 meter adalah 03:20,78 detik dipegang oleh Vira Chazinatuss’ab asal SMAN 7 Cirebon.

Saat fase penyisihan, catatan waktu Rachel adalah 03:20,93 detik. Hanya selisih 0,15 detik dengan si ‘ratu’ lari jarak menengah. Tak butuh waktu panjang, Rachel tepati janji pecah rekor. Walau dalam kondisi kurang fit akibat cuaca, Rachel berhasil mencetak rekornya sendiri dengan 03:19,34 detik.

“Iya perutku berat, mual-mual, terus menggigil semalam. Habis hujan-hujanan kita kemarin, pas perjalanan ke penginapan. Langsung minum vitamin, sama makan tiga sendok doang sebelum lomba. Untung pecah rekornya,” ucap Rachel, lega.

Baca Juga: Nyaris Pecah Rekor! Maghalya Rachel dari SMAN 1 Bandar Lampung Belum 100 Persen

Pencapaian luar biasa untuk anak yang masih duduk di bangku kelas X. Bukan semata-mata pecah rekor dan mengantongi kemenangan. Rachel sempat khawatir akan kondisi tubuhnya, takut kurang maksimal katanya.

Rasa gelisah tampak jelas dari raut wajah Rachel saat berkompetisi. Bahkan dirinya sempat pesimis, takut tak bisa memberikan yang terbaik. Ditambah dirinya kerap menengok ke belakang saat kompetisi berjalan, seolah kurang percaya diri atas kemampuan dirinya. 

“Soalnya langkah mereka (lawan) tuh terasa dekat banget. Kayak mereka ada di belakang kita persis gitu. Sampai beberapa kali refleks nengok ke belakang. Gak baik sih sebenarnya, mengurangi catatan waktu juga. Harusnya bisa tuh 3:17,00 detik,” tegasnya dengan penuh rasa percaya diri.

Penantian panjang akhirnya terbayar lunas. Datang jauh dari SMAN 1 Bandar Lampung, pulang dengan predikat juara masing-masing. Seperti halnya Rachel yang naik podium satu untuk nomor lomba jarak menengah, plus pecah rekor.

Namun, targetnya pun belum usai. Rachel masih menantikan National Championship. Hendak mematahkan rekornya sendiri katanya. “Kalau dari pelatih sih maunya 3:15,00 detik ya. Itu targetnya. Ya, diusahakan bisa sampai segitu. Diusahakan lebih percaya diri juga biar bisa berangkat ke luar negeri,” sambungnya.

Rachel punya rencana matang soal kariernya di dunia atletik. Ambisinya pun sangat besar untuk menang di National Championship musim ini dan bertolak ke luar negeri. Sebelum akhirnya mengejar mimpi di tempat lain.

“Kalau tahun ini berangkat ke luar negeri, kan tahun depan sudah gak bisa ikut SAC lagi. Nah, di sana mau fokus kejar prestasi lainnya. Semoga bisa kasih yang terbaik aja deh,” pungkas Rachel.

Baca Juga: Fixed! Ini Juara Sumatera Qualifiers yang Siap Bersaing ke National Championship

Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers akan digelar pada 18-20 Oktober 2024. Nantinya, babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar dari lebih 2.135 sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. 

SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik paling akbar di Indonesia. Event ini digelar DBL Indonesia bersama Pertamina sebagai title partner. Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia.

Ikuti terus kabar mengenai SAC Indonesia melalui website www.sacindonesia.com dan Instagram @sacindonesiaofficial. (*)

  RELATED ARTICLES