Potret Kenji Makarios saat beraksi di nomor lompat jauh Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers

Tak ikut ambil rapor. Kenji Makarios malah hadiahkan kedua orang tuanya medali emas dari nomor lompat jauh di Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Sumatera Qualifiers. 

Pada saat dirinya berkompetisi, rupanya kedua orang tuanya tidak bisa ikut mendampingi. Lantaran sedang ada agenda pengambilan rapor di sekolahnya, SMP Integritas Bangsa.

Kenji pun berada di Stadion Universitas Negeri Medan (UNIMED) seorang diri. Ya, walaupun ada rekan satu sekolahnya. Namun, hanya Kenji yang berkompetisi di nomor lompat jauh.

Meski demikian, Kenji justru menuntaskan misinya dengan sangat baik. “Dua tahun terakhir aku ikut sprint 80 meter gak pernah menang, ya sudah sekarang iseng coba lompat jauh,” singkatnya, lantas tertawa.

“Sebenarnya iseng sudah dari O2SN. Coba ikut lompat jauh, terus kok data lompatanku kalau dibandingkan sama SAC tahun lalu bisa dapat tiga besar, ya akhirnya pindah nomor lomba,” sambung Kenji.

Baca Juga: Berkat Trabas Hujan, Kesya dari SMP RK Santa Maria Penen Naik Podium Satu

Setelah O2SN, Kenji pun makin serius saat berlatih. Mau masuk tiga besar katanya. “Dari data SAC tuh ya, kalau ada yang bisa masuk tiga besar aja, kita sudah di cap pemain bagus,” ketus lelaki kelahiran 2010 itu.

Iseng-iseng berhadiah. Kenji pun keluar sebagai kampiun nomor lompat jauh di Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Sumatera Qualifiers. Dirinya sukses mengantongi lompatan sejauh 5,41 meter. Mengalahkan catatan terbaik musim lalu, yakni 5,23 meter.

Keberhasilan itu adalah buah dari konsistensi sejak empat bulan terakhir. Tak ada kata terlambat. Buktinya Kenji jadi yang paling dominan musim ini. 

Belum cukup puas sampai di situ. Kenji langsung berandai-andai dan menyusun target untuk SAC Sumatera Qualifiers tahun depan. 

“Kalau selama proses latihan nanti bisa dapat enam meter, saya yakin tahun depan bisa SAC sampai tingkat nasional sih,” katanya, sambil melihat langit. Seolah sedang berpikir keras.

Pada akhir sesi wawancara, Kenji berpesan bahwa tak ada salahnya untuk keluar dari zona nyaman. “Kalau kata saya, memang semua tuh harus berawal dari coba-coba sih. Karena kalau waktu itu aku gak nekat buat coba ke lompat jah, gak akan tahu kalau ternyata aku lebih bagus di sini,” tandas lelaki 13 tahun itu.

Baca Juga: Hasil SAC Sumatera Qualifiers Kategori SMP Day 1

Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Sumatera Qualifiers akan digelar pada 18-20 Oktober 2024. Nantinya, babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar dari lebih 2.135 sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. 

SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik paling akbar di Indonesia. Event ini digelar DBL Indonesia bersama Pertamina sebagai title partner. Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia.

Ikuti terus kabar mengenai SAC Indonesia melalui website www.sacindonesia.com dan Instagram @sacindonesiaofficial. (*)

  RELATED ARTICLES