“Hujan pun kami tetap latihan, pokok trabas aja.” Mungkin itulah ’jimat’ dari kemenangan Kesya Yuliani BR Sembiring. Peserta asal SMP RK Santa Maria Penen itu pulang dengan senyum merekah yang terpampang jelas dari raut wajahnya.

Bagaimana tidak, pada musim debutnya saja, siswa yang masih duduk di bangku kelas VIII itu berhasil naik podium satu pada nomor tolak peluru Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers.

Gadis cantik yang akrab disapa Kesya ini sebenarnya sudah tertarik dengan dunia atletik sejak musim lalu. Hanya saja, dirinya belum berkesempatan untuk berpartisipasi di SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers.

Pasalnya, SMP RK Santa Maria Penen selalu mengirimkan delegasi terbaik di setiap musimnya. Kalau ada predikat juara umum untuk kategori SMP, mungkin SMP RK Santa Maria Penen lah pemenangnya.

Singkat saja pada SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, seluruh student athlete sektor putra dari SMP RK Santa Maria Penen berhasil naik podium satu pada nomor relays 5x80m, lompat jauh, dan tolak peluru.

Baca Juga: Hasil SAC Sumatera Qualifiers Kategori SMP Day 1

Sedangkan dari sektor putri berhasil meraih podium dua dan tiga untuk nomor tolak peluru, peringkat kedua untuk nomor lompat jauh, dan posisi kedua untuk nomor relays 5x80m.

Konsistensi SMP RK Santa Maria Penen terus berlanjut musim ini. Kesya menjadi delegasi pertama yang mengirimkan medali emas untuk sekolahnya. Disinggung soal persiapan, tak ada yang signifikan. “Cuma latihan setiap hari aja sih kuncinya,” singkat Kesya.

“Kami baru latihan satu tahun terakhir, setiap pulang sekolah, dari Senin sampai Sabtu. Mungkin kalau ada halangan saja baru kami tak datang. Malah pas SAC ini, hujan pun kami tetap latihan. Berteduh dikit kalau deras,” sambung gadis kelahiran 2010 itu. 

 

Kesya memang baru saja mengenal atletik. Belum ada setahun katanya. Berawal dari iseng dan lihat kakak kelasnya yang berbakat, Kesya pun seketika tertarik. 

“Awalnya tengok kakak kelas bisa dapat banyak penghargaan dari sini (atletik). Akhirnya kami coba terus ya serius di sini,” imbuh Kesya.

Di balik rasa gugup luar biasa, siapa sangka Kesya malah catatkan torehan terbaiknya di Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers. Pada kesempatan ini, Kesya berhasil unggul dengan 8,48 meter. 

“Nah biasanya gak pernah segitu. Jadi kaget juga waktu tahu dapat segitu,” celetuk Kesya heran. “Memang dari awal kita mau juara Kak. Mau membanggakan orang tua. Ya ada rasa takut gitu waktu lihat saingannya. Berdoa saja biar dimudahkan,” pungkasnya.

Sesuai dengan apa yang diharapkan, Kesya berhasil dinobatkan sebagai yang terbaik di nomor tolak peluru Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers. Kesya berhasil membawa SMP RK Santa Maria Penen ‘naik kelas’ dari pencapaian musim lalu.

Baca Juga: Cara Menonton Temanmu di Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Sumatera Qualifiers

Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers akan digelar pada 18-20 Oktober 2024. Nantinya, babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar dari lebih 2.135 sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. 

SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik paling akbar di Indonesia. Event ini digelar DBL Indonesia bersama Pertamina sebagai title partner. Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia.

Ikuti terus kabar mengenai SAC Indonesia melalui website www.sacindonesia.com dan Instagram @sacindonesiaofficial. (*)

  RELATED ARTICLES