Potret kontingen MIN 3 Labuhanbatu saat hendak bertolak ke Medan (sumber: dokumentasi peserta)

Butuh waktu kurang lebih tujuh jam bagi MIN 3 Labuhanbatu untuk merapat ke Stadion Universitas Negeri Medan (UNIMED). Setidaknya 32 siswa bakal bersaing dengan ribuan peserta lainnya di Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Sumatera Qualifiers. 

MIN 3 Labuhanbatu rencananya akan membagi delegasinya pada tiga nomor perlombaan. Antara lain relays 8x50m, formula one, dan kanga’s escape. 

Sebagaimana MIN 3 Labuhanbatu berhasil naik ke podium pada beberapa nomor lomba tersebut di gelaran musim lalu. Mereka ingin kenangan manis itu kembali terulang di Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Sumatera Qualifiers. 

Secara detail, MIN 3 Labuhanbatu sukses membawa pulang podium satu untuk formula one putri, juara dua relays 8x50m putri, dan juara 3 kanga’s escape untuk sektor putra maupun putri pada SAC Indonesia 2024-2025 Sumatera Qualifiers.

Berkat pencapaian musim lalu, Hengki selaku Guru Olahraga MIN 3 Labuhanbatu menaruh harapan besar di Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Sumatera Qualifiers. “Saya punya target pokoknya empat nomor lah bisa naik ke podium tahun ini,” singkatnya.

“Saya paling optimis sebenarnya di formula one, baik putra maupun putri. Kemudian untuk kanga’s escape yang putra juga bisa lah,” sambung Hengki.

Baca Juga: MIN 2 Labuhanbatu Debut di SAC, Tempuh Perjalanan Tujuh Jam dan Bawa 24 Pasukan

Beberapa target yang diincar tentu bukan tanpa alasan. Sebab, Pak Hengki selalu menggunakan parameter kampiun musim lalu untuk anak didiknya. 

“Limit waktu tahun sebelumnya selalu saya simpan. Kenapa saya tidak mengirimkan nomor sprint? Karena belum ada yang bisa sampai ke limit itu. Jadi yang bisa mengejar limit tahun lalu yang saya fokuskan. Dan tentunya saya juga menyusun strategi di sana,” ujar Hengki.

Bicara soal persiapan, pihak sekolah pun memberikan dispensasi bagi para student athlete untuk berlatih di jam sekolah. Dalam sepekan, mereka berlatih setidaknya empat kali dalam seminggu. Baik di jam sekolah, maupun di jam pulang sekolah.

‘Kebetulan saya guru olahraga yang basic-nya di bidang kepelatihan. Jadi apa yang saya tahu, itu yang saya berikan ke anak-anak. Kita juga manfaatkan Stadion Binaraga dekat sana. Jadi kalau pagi latihan di sekolah, kalau sore kita latihan di stadion yang sesuai dengan standarnya. Biar anak-anak terbiasa,” celetuk Hengki.

Sebelum adanya kompetisi SAC, MIN 3 Labuhanbatu tidak begitu mengenal apa itu atletik. Namun, mereka justru menjadi salah satu sekolah yang tidak pernah absen mengirimkan delegasinya selama tiga musim beruntun.

MIN 3 Labuhanbatu selalu melakukan segala persiapannya dengan matang dan pulang dengan beberapa predikat juara. “Bahkan saya sudah komitmen dengan pihak Madrasah, selagi SAC itu ada, kami pasti mengirimkan anak-anak kami ke sana,” pungkasnya, sekaligus menutup perbincangan via telepon.

Baca Juga: Jangan Terlambat! Simak Jadwal SAC Indonesia 2024-2025 Sumatera Qualifiers

Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Sumatera Qualifiers akan digelar pada 18-20 Oktober 2024. Nantinya, babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar dari lebih 2.135 sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. 

SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik paling akbar di Indonesia. Event ini digelar DBL Indonesia bersama Pertamina sebagai title partner. Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia.

Ikuti terus kabar mengenai SAC Indonesia melalui website www.sacindonesia.com dan Instagram @sacindonesiaofficial. (*)

  RELATED ARTICLES