Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers berhasil menyasar lebih banyak sekolah dari penjuru Sumatera. Setidaknya 458 sekolah bakal bergabung musim ini. Peningkatan yang cukup signifikan ketimbang SAC 2023 Sumatera Qualifiers.

Dari banyaknya sekolah yang baru bergabung di Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Sumatera Qualifiers, SMA Nasrani 1 Medan merupakan salah satunya. Di musim perdananya, mereka bakal mengirimkan anak didiknya pada nomor sprint 100m dan relays 4x100m.

Keikutsertaan siswa SMA Nasrani 1 Medan tentu bukan tanpa sebab. Patar Panjaitan, Guru Olahraga SMA Nasrani 1 Medan mengaku bahwa semua itu berkat antusias para siswa. Bukan tuntutan dari sekolah.

“Anak-anak sendiri yang mau ikut. Mereka mau tahu potensinya sudah sejauh mana. Jadi kalau memang dari mereka yang minat ya kenapa tidak? Selagi ke arah positif, saya sebagai guru tentu akan mendukung mereka,” buka sosok yang akrab disapa Pak Jait itu.

Pasca melakoni registrasi Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Sumatera Qualifiers, SMA Nasrani 1 Medan pun langsung menjalani latihan rutin. Yakni saat jam pelajaran olahraga dan sepulang sekolah. Dalam kurun waktu yang singkat, Pak Jait hanya berfokus pada fisik, kebugaran jasmani, dan kelincahan kaki.

Baca Juga: Dua Hari Menuju Sumatera Qualifiers, Ini Deretan Rekor yang Wajib Kamu Tahu!

Melihat anak didiknya bakal berpartisipasi di kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia, Pak Jait cukup antusias. Beliau merasa bahwa siswa-siswinya berada di wadah yang tepat.

“Walau hanya sebagai ofisial, saya turut senang. Secara tidak langsung bisa melihat kemampuan siswa dari berbagai daerah juga. Jadi siswa yang saya pun merasa bukan cuma mereka yang berkompetisi di sini, tapi juga banyak peserta lain yang memang kompeten di bidangnya,” ujar Pak Jait.

Tak ingin berekspektasi lebih. Mengingat sebagian besar siswa SMA Nasrani 1 Medan baru mendalami ilmu atletik. “Semua pasti mau menang, tapi saya biarkan mereka cari pengalaman dulu. Setelah mereka dapat pengalaman, setidaknya mereka tahu apa yang harus ditambahkan dan dijadikan evaluasi,” tandasnya.

Baca Juga: Regulasi Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers yang Wajib Kamu Tahu!

Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Sumatera Qualifiers akan digelar pada 18-20 Oktober 2024. Nantinya, babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024-2025 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar dari lebih 2.135 sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. 

SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik paling akbar di Indonesia. Event ini digelar DBL Indonesia bersama Pertamina sebagai title partner. Pertamina SAC Indonesia 2024-2025-2025 bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia.

Ikuti terus kabar mengenai SAC Indonesia melalui website www.sacindonesia.com dan Instagram @sacindonesiaofficial. (*)

  RELATED ARTICLES