SMPN 5 Mataram menyambut baik penyelenggaraan roadshow Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Bali Nusra Qualifiers, Rabu, 16 Oktober 2024. Hal itu diungkapkan oleh Kepala SMPN 5 Mataram, Dra. Ida Ayu Putu Armyani. Pasalnya, para pelajar yang ikut dalam pra-kompetisi ini begitu antusias. 

Roadshow Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Bali Nusra Qualifiers merupakan pra-kompetisi yang digunakan untuk mengenalkan cabang olahraga atletik. Selain itu, roadshow ini membuat para calon peserta dan pelajar di SMPN 5 Mataram lebih dekat dengan Pertamina SAC. 

"Sangat keren, dan kami patut bersykur karena sekolah kami ini, dipilih sebagai tempat roadshow SAC Indonesia 2024, penyelengaraan yang tadi secara langsung, kami lihat anak2 kami paham, apa sih pengenalan tentang SAC Indonesia 2024," kata Dra. Ida Ayu Putu Armyani. 

Untuk mengikuti Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Bali Nusra Qualifiers, SMPN 5 Mataram siap mengitimkan 70 pelajar. Jumlah tersebut dapat bertambah, seiring banyaknya minat terhadap kompetisi Pertamina SAC. "Apalagi dengan sosialisasi roadshow hari ini, kami lihat anak-anak kami ini sangat antusias," lanjut Ida. 

Baca Juga: SAC Indonesia Gelar Roadshow di SMAN 2 Mataram, Sekolah Lalu Zohri

SMPN 5 Mataram memang memiliki ekstrakurikuler atletik. Para pelajar yang tergabung dalam ekstrakurikuler tersebut berlatih secara rutin. "Namanya anak-anak terkadang punya hobi lain, tapi kami sosialisasikan bahwa atletik adalah induknya olahraga," kata Ida.

Ida mengatakan bahwa kompetisi seperti SAC Indonesia harus lebih diselenggarakan. "Tidak hanya satu kali satu tahun, barangkali bisa dua kali setahun, terutama  kami di daerah-daerah ini, karena sebenarnya bakat anak-anak kami banyak tapi tidak dimunculkan," lanjut Ida. 

Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 Bali Nusra Qualifiers akan digelar pada 1-3 November 2024. Nantinya, babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar dari lebih 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. 

SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik paling akbar di Indonesia. Event ini digelar DBL Indonesia bersama Pertamina sebagai title partner. Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia. (*)

  RELATED ARTICLES