dokumentasi peserta

Tak mau sekadar berkompetisi, lalu pulang dengan tangan kosong. SMAN 1 Bandar Lampung siap kembali menggetarkan Stadion Universitas Negeri Medan (UNIMED) pada kompetisi Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers.

SMAN 1 Bandar Lampung kembali mengirimkan beberapa kontingen terbaiknya di tiga nomor lomba. Antara lain Relays 4x100m putra, sprint 100m putri, dan middle distance 1000m putri. 

Proses seleksinya pun tak sembarangan. Mengingat jarak yang mereka tempuh untuk merapat ke UNIMED berkisar 1700 kilometer. Itulah kenapa Andre Hari Wibowo, pelatih SMAN 1 Bandar Lampung menerapkan program latihan ketat untuk anak didiknya. Terlebih ada misi revans yang harus mereka tuntaskan musim ini. 

“Kemarin doa kita salah Mbak. Kita doanya mau berangkat ke Australia, ternyata tahun lalu malah ke China. Jadi sekarang doanya kita ganti. Pokok sampai ke internasional. Soalnya belum tahu kan training camp-nya di mana. Siapa tahu ke Amerika, gak ada yang tahu,” canda coach Andre.

Baca Juga: SMAN 1 Bandar Lampung Kampiun 4x100 Meter Putra Sumatera Qualifiers

SMAN 1 Bandar Lampung berhasil naik ke podium satu untuk nomor relays 4x100m putra untuk SAC Indonesia 2023 Sumatera Series. Sayang, mereka harus berpuas di posisi kedua saat SAC Indonesia 2023 National Championship. Sehingga gagal mengamankan satu tiket training camp ke Shanghai.

Tak menyerah. SMAN 1 Bandar Lampung kembali dengan nomor relays 4x100m. Bahkan dengan formasi yang lebih baik ketimbang sebelumnya. 

“Tiga anak kita masih sama, cuma satu yang ganti karena lulus. Kebetulan penggantinya ini memang sudah kami incar sejak dia SMP. Bahkan sekarang yang kelas XI sama XII saja kalah sama dia,” celetuknya, lantas tertawa.

“Kita sudah coba semua posisi, sudah sempat romba jugak. Yang terbaik sementara ini, akan kita keluarkan di babak kualifikasi dulu. Kita mau ambil tiket National Championship dulu. Sisanya biar kami menyesuaikan. Karena waktu masih panjang kan,” lanjutnya.

Tak hanya mengandalkan nomor relays 4x100m, SMAN 1 Bandar Lampung juga pasang target untuk sprint 100m dan middle distance 1000m. Coach Andre menegaskan bahwa anak didiknya mampu mematahkan limit para kampiun SAC Indonesia 2023 National Championship yang bertolak ke China. 

Target besar dan pencapaian musim lalu membuat SMAN 1 Bandar Lampung mendapat akomodasi penuh dari sekolah. “Tahun kemarin kita menghabiskan sekitar 13 jam untuk perjalanan darat ke Jakarta. Baru ke Medan naik pesawat,” buka coach Andre.

“Kalau sekarang kita full akomodasi dari sekolah. Pulang-pergi naik pesawat. Mereka yang berangkat ke Medan juga anak-anak terpilih. Karena saya tegaskan, kalau selama proses latihannya gak break the limit, ya mereka gak boleh berangkat,” sambungnya.

Baca Juga: Regulasi Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers yang Wajib Kamu Tahu!

Fokus coach Andre selama proses persiapannya memang begitu spesifik. Dirinya ingin perjalanan SMAN 1 Bandar Lampung sampai ke Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers ini tidak sia-sia. Bahkan porsi latihan anak didiknya pun makin meningkat. Yakin bahwa persaingan yang hadir musim ini lebih tajam.

Babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar dari lebih 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. 

Ikuti terus kabar mengenai SAC Indonesia melalui website www.sacindonesia.com dan Instagram @sacindonesiaofficial. (*)

  RELATED ARTICLES