Suharjo, saat memberikan pemaparan kepada para perwakilan sekolah di agenda technical meeting Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers

Selesai sudah agenda technical meeting Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers. Kegiatan pra-kompetisi yang berlangsung pada Rabu, 16 Oktober 2024 itu berisikan soal pemaparan regulasi dan informasi penting lainnya kepada para perwakilan sekolah yang hadir kala itu.

Berikut adalah beberapa elemen penting yang diperoleh melalui agenda technical meeting Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers dan wajib diketahui oleh semua peserta:

1. Sistem Perlombaan

Pada semua kompetisi nomor lintasan Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers, akan terbagi ke dalam dua babak kualifikasi, yakni penyisihan dan final. Sedangkan pada nomor lapangan, seperti tolak peluru dan lompat jauh, hanya terdiri dari babak final saja. Termasuk Kanga’s Escape dan Formula One.

Adapun jumlah lintasan yang digunakan untuk nomor sprint 60m, 80m, dan 100m adalah delapan. Demikian dengan jumlah finalis. Sebanyak delapan peserta dengan catatan waktu terbaik dari keseluruhan seri akan memperoleh tiket ke babak final.

Kemudian untuk nomor middle distance 800m dan 1000m tetap mempertandingkan 15-20 orang sekaligus dalam satu seri. Ketentuan itu juga berlaku untuk babak final. 

Sedangkan untuk nomor estafet, baik tingkat SD, SMP dan SMA, hanya akan menggunakan lima lintasan saja. Lima tim student-athlete dengan catatan waktu terbaik akan beranjak ke babak final.

2. Ketentuan Peserta

Peserta Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers bukan merupakan siswa yang sedang terdaftar atau terdaftar periode 2020-2025 di sekolah binaan olahraga atau PPLP, SKO, KKO, PPLOP, PPLPD, PAB, PPOP, PPOPD, Sentra Olahraga, serta semua program pembinaan di bawah naungan pemerintah.

Bukan peserta yang pernah meraih juara 1, 2, dan 3 di Kejurnas serta juara 1 SAC National Championship. Peserta juga belum pernah menjuarai kompetisi bergengsi di Indonesia dan di luar negeri seperti ASEAN School Games, PON, dan beberapa kompetisi resmi lainnya.

3. Kostum Penggunaan Nomor BIB

Peserta diwajibkan menggunakan nomor BIB yang diberikan oleh Pertamina SAC Indonesia 2024 sesuai dengan nama student-athlete yang terdaftar dan tidak dapat digantikan dengan orang lain. Bagi student-athlete yang menggunakan nomor BIB tidak sesuai dengan data terdaftar maka akan dikenakan diskualifikasi.

Setiap peserta disarankan untuk menggunakan seragam tim atau sekolah. Terkhusus untuk student-athlete di nomor lomba estafet, wajib menggunakan seragam minimal dengan warna atasan dan motif yang sama.

4. Zona Penukaran Tongkat Estafet

Peserta dengan susunan yang telah ditentukan sejak roll call menempati lintasan masing-masing. Termasuk setelah pengoperan tongkat. Proses pengoperan tongkat dimulai ketika tongkat menyentuh pelari penerima, hingga tongkat lepas dari pelari pemberi. Adapun zona pengoperan tongkat terbagi berdasarkan kategori. 

Untuk nomor 4x100 meter, atlet wajib menunggu dan menerima tongkat di dalam zona pengoperan tongkat yang memiliki panjang 30 meter. Untuk nomor 5x80 meter akan memiliki zona 20 meter. Dan nomor 8x50 meter akan memiliki zona 10 meter. 

Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers akan digelar pada 18-20 Oktober 2024. Nantinya, babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar dari lebih 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. 

SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik paling akbar di Indonesia. Event ini digelar DBL Indonesia bersama Pertamina sebagai title partner. Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia.

Ikuti terus kabar mengenai SAC Indonesia melalui website www.sacindonesia.com dan Instagram @sacindonesiaofficial. (*)

  RELATED ARTICLES