Suasana technical meeting Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers di Perpustakaan Universitas Negeri Medan

Agenda technical meeting seolah jadi penanda bahwa gelaran Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers sudah di depan mata. Tepatnya pada 18-20 Oktober 2024, sebanyak ribuan peserta dari seluruh wilayah Sumatera akan bertempur di medan perang.

Stadion Universitas Negeri Medan (UNIMED) siap menjadi saksi atas pertempuran hebat dan sejarah baru yang bakal tercipta. Setidaknya lebih dari 400 sekolah dari seluruh penjuru Sumatera akan hadir dan memperebutkan gelar juara di nomor perlombaan masing-masing.

Sebelum Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers resmi dimulai, terdapat gelaran technical meeting yang berlangsung pada Rabu, 16 Oktober 2024. Sebanyak 350 perwakilan dari tiap sekolah tampak memadati Perpustakaan UNIMED.

Belum semuanya. Masih banyak peserta lain dari lintas provinsi yang bakal berkompetisi di Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers.

Dalam kesempatan ini, Suharjo selaku technical delegate asal Pengprov PASI Sumut memaparkan terkait beberapa regulasi dan ketentuan lapangan yang bakal berlaku di Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers.

Baca Juga: Coach Dumpang dan SMKN 2 Medan Kembali Targetkan TC ke Luar Negeri

Suharjo menyebut peserta musim ini tersebar lebih luas ketimbang musim sebelumnya. Beberapa sekolah asal Lampung, Pekanbaru, Palembang, dan beberapa provinsi lainnya pun kembali dengan target yang lebih besar.

Suharjo bangga atas peningkatan yang hadir di setiap musimnya. Dan berharap penyebaran minat atletik bisa terjadi lebih cepat.

“Sekarang kita ada di SAC Sumatera Qualifiers. Sumatera ya, bukan cuma Sumatera Utara. Banyak sekolah pendatang, tim dari luar kota, tim luar provinsi yang ikut. Tentu kita sangat terbantu dengan adanya SAC ini,” ungkap Suharjo.

Suharjo - PASI
Suharjo saat memberikan pemaparan kepada para perwakilan sekolah di agenda technical meeting Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers

Sepanjang pemaparan regulasi, Muhammad Aji mendengarkannya dengan cermat. Lantaran peserta asal SMA Taman Siswa Medan itu bakal debut di Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers.

“Iya baru pertama kali, karena penasaran aja sama SAC. Saya juga baru tahun ini coba-coba atletik. Jadi ya mau cari pengalaman yang banyak dulu. Terus SAC pesertanya juga banyak kan, jadi ya mau tahu limitku di sini. Sama mau coba experience-nya,” ujar Aji. 

Melihat banyaknya jumlah peserta yang berpartisipasi musim ini, Patar Panjaitan begitu antusias. Pasalnya Guru Olahraga SMA Nasrani 1 Medan ini ingin anak didiknya punya pengalaman lebih di kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia.

“Walau cuma sebagai ofisial, gak tahu kenapa rasanya senang. Karena secara tidak langsung akan melihat kemampuan siswa dari berbagai daerah. Siswa saya pun akhirnya merasa banyak saingan,” singkat Patar Panjaitan.

“Jadi bukan cuma mereka yang berkompetisi di sini, tapi juga banyak peserta lain yang memang kompeten di bidangnya. Masalah menang atau kalah urusan belakang. Saya cuma mau mereka ada pengalaman dan evaluasi,” tukasnya.

Baca Juga: SAC Indonesia Gelar Roadshow di SMAN 2 Mataram, Sekolah Lalu Zohri

Pertamina SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers akan digelar pada 18-20 Oktober 2024. Nantinya, babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar dari lebih 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. 

SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik paling akbar di Indonesia. Event ini digelar DBL Indonesia bersama Pertamina sebagai title partner. Pertamina SAC Indonesia 2024-2025 bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia.

Ikuti terus kabar mengenai SAC Indonesia melalui website www.sacindonesia.com dan Instagram @sacindonesiaofficial. (*)

  RELATED ARTICLES