Dumpang Siregar (kanan) saat mendampingi training camp di Shanghai

SMKN 2 Medan kembali mengirimkan delegasi terbaiknya ke SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers. Setidaknya 35 siswa siap tempur di beberapa nomor perlombaan guna mencari “Firli Sahputra” berikutnya.

Seperti yang kita tahu, Firli Sahputra merupakan peserta asal SMKN 2 Medan yang berhasil menjuarai SAC Indonesia 2022 National Championship di nomor lompat jauh. Pencapaian itu berhadiah tiket training camp ke Australia.

Sejak musim pertama, SMKN 2 Medan memang tak pernah absen mengirimkan delegasinya ke National Championship. Pada musim kedua, ada Floren Kristin BR Sinulingga yang menjuarai nomor tolak peluru, dan Shakila Khairunnisa yang keluar sebagai kampiun pada nomor 100m SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers.

Sayang, penampilan mereka kurang maksimal saat di National Championship. Sehingga gagal mengulang momen manis Firli Sahputra. 

Tak mau larut dalam kegagalan, Dumpang Parluhutan Siregar -pelatih SMKN 2 Medan- kembali pasang target besar untuk SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers.

“Kita fokus kirimkan anak-anak ke National Championship dulu. Selebihnya, kita punya banyak waktu untuk berlatih lagi. Paling tidak, setiap tahun ada anak kami yang berangkat ke luar negeri,” kata coach Dumpang.

Baca Juga: Simak Jadwal TM SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers

Coach Dumpang menyebut begitu banyak keuntungan di balik SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers yang hadir sebagai gelaran pembuka. Salah satunya, memberikan lebih banyak ruang berlatih untuk anak didiknya menuju National Championship.

Coach Dumpang Siregar
Dumpang Parluhutan Siregar (kanan) bersama Firli Sahputra

Tak lengah sedikitpun. Di balik target besar, coach Dumpang juga mempersiapkan segenap program latihan teratur. “Mungkin saya mampir ke tempat anak-anak (latihan) hanya satu atau dua kali dalam seminggu. Tapi mereka tetap latihan setiap hari, pagi dan sore,” tegasnya.

“Setiap habis latihan, saya suruh mereka melaporkan hasil latihannya. Misal lompat jauh bisa dapat berapa meter, dan seterusnya. Baru setelah di cek, saya kasih mereka program tambahan supaya bisa lebih baik lagi. Pelatih hanya mengarahkan, tapi 75 persen keberhasilan ada di tangan mereka sendiri,” sambungnya.

Baca Juga: SAC Indonesia Fun Run Berlangsung Meriah, Berikut Nama yang Masuk Best Three!

Bicara soal tujuan, coach Dumpang yakin anak asuhnya bakal gemilang dan membanggakan. “Memang kita kirim peserta di semua nomor. Tapi yang saya lihat, beberapa nomor yang punya potensi ya di tolak peluru sama lompat jauh. Harusnya kita bisa ambil (podium) di nomor-nomor itu,” pungkas coach Dumpang.

Babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar dari lebih 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. 

Ikuti terus kabar mengenai SAC Indonesia melalui website www.sacindonesia.com dan Instagram @sacindonesiaofficial. (*)

  RELATED ARTICLES