Juanda Kristian Hutagaol saat bersaing di babak final SAC Indonesia 2024 National Championship

Ada yang baru di SAC Indonesia 2024. Musim ini, SAC menyelenggarakan SAC Indonesia Fun Run, khusus di Kota Medan, dan menjadi bagian dari SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers. Nantinya, lari jalanan yang dikemas dengan menyenangkan itu akan diselenggarakan pada Minggu, 13 Oktober 2024. 

Berbeda dengan kompetisi utama SAC Indonesia 2024 yang khusus diperuntukkan bagi pelajar, Fun Run dapat diikuti oleh masyarakat umum. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dengan rute 5Km, Fun Run akan mengajak para pelari rekreasi diajak melewati beberapa ikon Kota Medan. seperti Jalan Willem Iskandar dan Gedung Serbaguna Gubernur Sumatera Utara.

Salah satu peserta SAC Indonesia Fun Run 2024 adalah Juanda Kristian Hutagaol. Pelajar asal SMKN 7 Medan sekaligus juara dari tolak peluru putra SAC Indonesia 2023 National Championship juga akan mencicipi program baru yang dimiliki oleh SAC sebagai bagian dari road to SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers. 

Juanda mengaku senang dapat kembali berpartisipasi dalam SAC Indonesia Fun Run 2024. Pasalnya, usai menyandang gelar sebagai Champion SAC 2023 dan berangkat ke Shanghai, Tiongkok, Juanda tidak dapat kembali mengikuti SAC Indonesia. 

Baca Juga: Cara Melihat Final Statement untuk SAC Indonesia Fun Run 2024

Kompetisi atletik tersebut menerpakan peraturan bahwa Champion SAC 2023 yang sudah mendapatkan reward ke luar negeri tidak bisa kembali berpartisipasi. Prinsip ini dijunjung oleh PB PASI dan DBL Indonesia untuk memberikan kesempatan bagi jajaran peserta baru SAC Indonesia. 

"Juanda kan pernah jadi bagian dari SAC. Jadi sudah seharusnya bisa mempromosikan semangat berolahraga dan belajar atletik bersama SAC. Agar, pelajar-pelajar di Indonesia semangat untuk berprestasi juga," tutur Juanda. 

Juanda juga melihat bahwa perlu diadakannya SAC Indonesia Fun Run di musim selanjutnya. Lomba ini bisa diikuti oleh penggemar atletik dan yang ingin mengenal SAC Indonesia. 

"Fun Run juga bisa jadi awal bagi para pelajar yang ingin memulai kariernya di dunia atletik atau bisa juga menjadi ajang perkumpulan bagi para pelajar supaya tidak hanya main medsos atau gim," lanjut Juanda.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Muhammad Deka Pratama. Juara SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers di nomor 100m putra itu juga mengungkap rasa senangnya bisa berkompetisi di Fun Run. 

Baca Juga: Targetkan Juara, Tim Relays Putri SMAN 2 Binjai Kembali Berlaga di SAC Indonesia

"Karena sudah lulus, tentunya senang bisa jadi bagian dari event SAC lagi walaupun cuma di program Fun Run. Tapi suatu kebahagiaan deh. Fun Run perlu dilanjutkan lah. Jadi nggak fokus ke event pelajarnya aja. Tapi juga ke orang umum di Medan kak. Biar lebih tau mengenai SAC," lanjut Deka. 

SAC Indonesia Fun Run 2024 merupakan bagian dari pra event SAC Indonesia 2024. Nantinya, babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar dari lebih 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. 

Ikuti terus kabar mengenai SAC Indonesia melalui website www.sacindonesia.com dan Instagram @sacindonesiaofficial. (*)

  RELATED ARTICLES