Para peserta MIN 2 Labuhanbatu saat berlatih di Stadion Binaraga Labuhanbatu

MIN 2 Labuhanbatu akan bersaing di SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers. Sekolah tersebut siap bertarung mengirimkan 24 siswa ke Medan, Sumatera Utara, lokasi digelarnya Sumatera Qualifiers. Mereka akan mengikuti beragam nomor lomba. Mulai dari relays 8x50m hingga sprint. 

"Senang bisa ikut SAC Indonesia," ungkap Muhammad Fazrin, guru PJOK dari MIN 2 Labuhanbatu. 

Keikutsertaan MIN 2 Labuhanbatu di SAC karena ingin menggali potensi minat dan bakat siswa. Khususnya di bidang atletik. SAC Indonesia juga dipercaya bisa memberikan pengalaman bagi anak-anak MIN 2 Labuhanbatu, bahwa untuk menggapai prestasi mereka harus bersaing terlebih dahulu.

"Anak-anak juga antusias sekali diarahkan untuk mengikuti SAC Indonesia," tutur Muhammad Fazrin. 

Saking antusiasnya, MIN 2 Labuhanbatu siap untuk memasukkan atletik sebagai salah satu ekstrakurikuler sekolah. Namun masih dalam tahap mematangkan konsep. 

"Ke depannya ibu kepala madrasah sudah membuat program untuk atletik menjadi bagian dari ekstrakulikuler, karena terdorong dengan cerita saya mengenai event SAC Indonesia," kata Muhammad Fazrin. 

Baca Juga: Targetkan Juara, Tim Relays Putri SMAN 2 Binjai Kembali Berlaga di SAC Indonesia

MIN 2 Labuhanbatu

MIN 2 Labuhanbatu saat berlatih di lapangan dekat sekolah

Untuk menghadapi SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers, MIN 2 Labuhanbatu berlatih empat kali dalam sepekan. Mereka bisa ditemui di Stadion Binaraga Labuhanbatu setiap Minggu. Namun itu bukan satu-satunya lokasi yang para skuad MIN 2 Labuhanbatu berlatih. 

"Latihannya biasa di tanah lapang juga, yang cukup jauh dari sekolah kami. Kami harus jalan kaki sekitar 40 menit ke tanah lapang tersebut, itu karena lapangan sekolah kami tidak begitu besar, tapi anak-anak tetap ceria, karena saya selalu memotivasi nggak ada prestasi yang mudah digapai," lanjut Muhammad Fazrin. 

Selain lokasi latihan yang jauh, MIN 2 Labuhanbatu harus menempuh jarak sekitar 301,4 Km. Untuk ke Medan, mereka harus menempuh perjalanan selama lebih dari tujuh jam. Dan harus datang beberapa hari sebelum perlombaan digelar. 

"Jadi sebelum memutuskan mendaftar SAC Indonesia ini, saya mengundang orang tua dan anak yang telah lulus seleksi untuk berdiskusi Lalu kami adakan rapat, karena naik bus ongkos kami saja sudah besar, jadi perlu ada proses sosialiasi," tutur Muhammad Fazrin. 

SAC Indonesia

Muhammad Fazrin memberikan sosialisasi kepada orangtua peserta SAC Indonesia

Baca Juga: SMAN 1 Padangsidimpuan Comeback dengan Roster Baru, Usai Absen di Musim 2023

Jarak dan waktu itulah yang sebenarnya juga menjadi salah satu pertimbangan utama sekolah di daerah ikut SAC Indonesia. "Saya sebenarnya selalu mempromosikan ini kepada teman-teman guru olahraga, dan teman-teman antusias, tapi karena lokasi dan waktu ini jadi kendala," Muhammad Fazrin. 

Layak dinantikan bagaimana aksi MIN 2 Labuhanbatu di SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers. 

SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers akan diselenggarakan di Medan, Sumatera Utara. Kompetisi atletik terbesar di Indonesia tersebut akan digelar pada 18-20 Oktober 2024. 

Babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar dari lebih 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. 

Ikuti terus kabar mengenai SAC Indonesia melalui website www.sacindonesia.com dan Instagram @sacindonesiaofficial. (*)

  RELATED ARTICLES