Aulia Nabila Sanwin dari SMAN 2 Binjai saat bersaing di SAC Indonesia 2023 National Championship

Tim putri 4x100m putri SMAN 2 Binjai kembali berlaga di SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers. Kepastian itu didapat usai nama SMAN 2 Binjai resmi terdaftar di jajaran peserta SAC Indonesia 2024. Pemegang gelar juara relays tingkat SMA musim 2023 tersebut siap kembali mempertahankan dominasinya di nomor lari estafet Sumatera Utara. 

Flaura Gustina, salah satu roster SMAN 2 Binjai, mengaku begitu bersemangat memulai musim baru. Bahkan ia dan deretan roster SMAN 2 Binjai telah mempersiapkan diri tiga bulan terakhir. "Sebenarnya sudah agak telat, karena banyak dari kami yang Sudah kelas 3, tapi kami maksimalkan menjelang Sumatera Qualifiers dengan berlatih lima kali," kata Flaura. 

Selain Flaura, SMAN 2 Binjai akan diperkuat dengan Afananin Ghina Randah, Flaura Gustina, Nabila Khairani, dan Aulia Nabila Sanwin. Musim lalu, tim tersebut lah yang juga sukses meraih juara SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Mereka merebut podium pertama dengan catatan waktu 1 menit 1,5 detik dan berangkat ke National Championship. 

Baca Juga: SMAN 2 Binjai Telah Persiapkan Diri untuk SAC Indonesia 2023 Selama Setahun

"Ini merupakan tahun terakhir kami untuk bisa berkompetisi di SAC Indonesia. Karena setelah ini kami lulus, jadi ingin memberikan yang terbaik untuk sekolah kami. Jika berhasil nanti sertifikatnya bisa berguna untuk mendaftar universitas," ungkap Flaura. 

Apalagi, skuad SMAN 2 Binjai mengaku merindukan berkompetisi di tingkat nasional. Bertemu dengan peserta dari regional qualifiers yang lain. "Pengalaman berkompetisi di level nasional bertemu dengan lawan yang lain itu rasanya berbeda, jadi kami ingin mengulangi hal tersebut," ungkap Nabila Khairani. 

Namun, perjalanan SMAN 2 Binjai menuju podium pertama tentunya tak mudah di SAC Indonesia 2024. Selain karena jangkauan peserta musim ini lebih luas dibandingkan musim sebelumnya, ada beberapa roster SMAN 2 Binjai yang saat ini sedang dalam pemulihan cedera. "Kami berharapnya bisa tampil maksimal, semoga saja bisa," lanjut Nabila.

Baca Juga: SMAN 2 Binjai Raih Podium Pertama di Estafet 4x100 Meter Putri

SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers akan diselenggarakan di Medan, Sumatera Utara. Kompetisi atletik terbesar di Indonesia tersebut akan digelar pada 18-20 Oktober 2024. 

Layak dinantikan bagaimana perjuangan SMAN 2 Binjai selama penyelenggaraan SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers. Mampukah mereka kembali menyabet gelar juara musim ini? 

Sementara itu, babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar dari lebih 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. 

Ikuti terus kabar mengenai SAC Indonesia melalui website www.sacindonesia.com dan Instagram @sacindonesiaofficial. (*)

  RELATED ARTICLES