Roland Gultom (kanan) saat bersaing di SAC Indonesia 2022 North Sumatera Qualifiers di Stadion Universitas Negeri Medan

SMAN 1 Padangsidimpuan siap comeback dengan roster baru di SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers. Untuk musim ini, sekolah tersebut akan mengirimkan beberapa delegasi di berbagai nomor lomba, termasuk tolak peluru, lompat jauh, sprint, hingga middle distance. 

Keikutsertaan ini merupakan kali pertama SMAN 1 Padangdidimpuan comeback usai sebelumnya sempat absen di musim 2023 SAC Indonesia. 

Salah satu yang akan kembali bersaing di SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers dari SMAN 1 Padangsidimpuan adalah Roland Gultom. Ia merupakan roster relays 4x100m putra yang ikut sejak musim pertama. Dan menjadi satu-satunya roster yang tersisa dari empat member relays. 

"Karena yang lain sudah lulus jadi tinggal saya sendiri, memang tahun lalu sempat absen, tapi karena ada support dari guru olahraga dan tim yang sudah siap, jadi kami kembali bersaing di tahun ini," kata Roland, saat dihubungi oleh tim SAC Indonesia. 

Baca Juga: Tim Putra SMAN 1 Padang Sidempuan Rebut Gelar Juara di Estafet 4x100 Meter

Untuk menghadapi SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers, SMAN 1 Padangsidimpuan telah memanfaatkan setahun terakhir untuk berlatih. Mereka mempertajam waktu latihan pagi dan sore setiap hari bersama rekan sekolah yang juga akan berlomba. 

"Karena kami ingin berprestasi membawa nama sekolah kami kembali ke National Championship. Ini kami lakukan agar bisa mengharumkan nama sekolah, provinsi, dan negara," tutur Roland. 

Keinginan untuk comeback di SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers Hadir dari salah satu guru olahraga di SMAN 1 Padangsidimpuan. Terlebih, ada banyak murid baru di sekolah tersebut yang dipantau memiliki bibit-bibit di olarhaga atletik. "Jadi modalnya sudah ada, tinggal mengasah kecepatan limit dari tim kami," kata Roland. 

SMAN 1 Padang sidimpuan

Roland Gultom sendiri sempat memperkuat tim SMAN 1 Padangsidimpuan di babak National Championship, yang diselenggarakan di Jakarta, pada musim 2022. Karena pernah membawa nama sekolah ke kompetisi nasional, Roland mengaku rindu bisa berprestasi lagi untuk sekolahnya. 

Baca Juga: Tim Estafet SMAN 1 Padang Sidempuan Tingkatkan Chemistry untuk Tampil Maksimal

"Jujur rindu sekali masa-masa SAC Indonesia musim pertama, karena Bertemu dengan teman-teman yang asyik dan bisa ketemu langsung dengan Presiden Joko Widodo (yang saat itu hadir langsung di SAC Indonesia), kemudian ditonton juga oleh Ketum PB PASI dan Bertemu atlet Pelatnas," ujar Roland. 

Meskipun Roland satu-satunya yang tersisa darim tim estafet musim 2022, roster baru SMAN 1 Padangsidimpuan tak kalah punya semangat membara. Adalah Fahry Rozy Yasin yang siap memecahkan rekor relays 4x100m putra sebelumnya. 

"Sejauh ini kami latihan sangat keras, supaya bisa tampil di National Championship. Kami latihan setiap hari," tutur Fahry. 

Ini merupakan kali pertama Fahry debut di kompetisi atletik. Bahkan, dirinya baru saja mengenal atletik. "Baru lima bulan yang lalu, sebelumnya saya mendalami karate," katanya.

Menurut Fahry, ada banyak suka-duka yang dilalui oleh SMAN 1 Padangsidimpuan untuk berlaga di SAC Indonesia. Terutama saat latihan. Cuaca pun tak jarang jadi halangan.

"Di Sidimpuan lagi jujan, terus fasilitas latihan juga masih tanah bukan tartan, semua juga belum ada yang punya sepatu spike, tapi kami akan berusaha untuk menampilkan yang terbaik, doakan saja," katanya.

Tim estafet SMAN 1 Padangsidimpuan sukses menyabet gelar juara untuk relays 4x100m putra. Mereka berhasil menuntaskan perlombaan dengan catatan waktu 48,057 detik. Kemenangan tersebut membawa SMAN 1 Padangsidimpuan melenggang ke babak National Championship yang digelar di Jakarta. 

Menarik untuk dinantikan bagaimana persaingan SMAN 1 Padangsidimpuan di SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers. Pasalnya, musim ini perlombaan untuk regional tersebut semakin ketat. 

SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers akan diselenggarakan di Medan, Sumatera Utara. Kompetisi atletik terbesar di Indonesia tersebut akan digelar pada 18-20 Oktober 2024. 

Babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar dari lebih 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. 

Ikuti terus kabar mengenai SAC Indonesia melalui website www.sacindonesia.com dan Instagram @sacindonesiaofficial. (*)

  RELATED ARTICLES