Skuad SMAN 4 Kisaran yang siap berlaga di SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers

SMAN 4 Kisaran, Medan bakal kembali bersaing di SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers. Ini merupakan ketiga kalinya sekolah tersebut berpartisipasi dalam ajang SAC Indonesia. Dalam dua musim sebelumnya, SMAN 4 Kisaran tak pernah absen meraih podium juara hingga mengirimkan delegasi ke babak National Championship. 

SMAN 4 Kisaran, Medan akan kembali bersaing di SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers dengan peserta lebih banyak dibandingkan musim sebelumnya. Tahun ini, Tim polesan Hendri Tambunan tersebut akan comeback dengan 30 siswa. "Jumlah ini meningkat, kalau tahun lalu 24, tahun ini InshaAllah 30, antusiasme teman-teman cukup besar," jelas Hendri. 

Selama dua musim berturut-turut SMAN 4 Kisaran selalu mengantongi medali dari beberapa nomor lomba. Dalam SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, SMAN 4 Kisaran berhasil membawa pulang gelar juara untuk lompat jauh putra serta putri dan Tim estafet putra untuk berlaga di National Championship. 

"Kalau tahun ini, kita yakin di nomor Middle Distance akan menambah pundi-pundi medali, dan InshaAllah bisa ke National Championship," tutur Hendri kepada tim SAC Indonesia. 

Baca Juga: Kirim 32 Siswa, SMA Sultan Iskandar Muda Medan Comeback di SAC Indonesia 2024

Karena SMAN 4 Kisaran memiliki klub atletik sendiri, yang telah berdiri sejak 2006, sekolah tersebut cukup serius dalam menghadapi SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers. "Tahun ini, kita sudah jauh-jauh hari fokus pada nomor lomba masing-masing, jadi persiapannya sudah lebih matang dan latihannya sudah spesifik ke nomor lomba sendiri-sendiri," lanjut Hendri. 

Fikri Firmansyah dari SMAN 4 Kisaran dalam pertandingan atletik

Aksi Fikri Firmansyah salah satu roster dari SMAN 4 Kisaran saat berlaga di SAC Indonesia 2023 National Championship

Hendri tak menampik kemungkinan bahwa persaingan SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers akan lebih ketat dibandingkan musim sebelumnya. Apalagi, peserta dari Sumatera Qualifiers lebih meluas dibandingkan dengan dua musim lainnya. Beberapa ada yang datang dari Sumatera Barat hingga Sumatera Selatan. 

Meskipun begitu, para peserta dari SMAN 4 Kisaran tetap optimistis untuk bisa meraih juara. Apalagi menurut Hendri, SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik terbesar di Tanah Air, yang diikuti oleh puluhan ribu pelajar setiap musimnya. "Lalu adanya delegasi sekolah di tingkat nasional membuat anak-anak terinspirasi meniru prestasinya," terang Hendri. 

Baca Juga: SMAN 1 Pringgabaya Kembali Bersaing di SAC Indonesia, Ingin Tambah Jam Terbang

Hendri Tambunan akan kembali mendampingi SMAN 4 Kisaran bersaing di SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers. Musim lalu, Hendri bahkan backpacker-an datang ke Solo untuk menyaksikan timnya barlaga di babak National Championship.

SAC Indonesia 2024 Sumatera Qualifiers akan diselenggarakan di Medan, Sumatera Utara. Kompetisi atletik terbesar di Indonesia tersebut akan digelar pada 18-20 Oktober 2024. 

Babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar dari lebih 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. 

Ikuti terus kabar mengenai SAC Indonesia melalui website www.sacindonesia.com dan Instagram @sacindonesiaofficial. (*)

  RELATED ARTICLES