Audrey Wang Alam Wibowo (172) dan Avrielle Genevieve (171) saat bersaing di SAC Indonesia 2023 National Championship, di Solo, Jawa Tengah, pada 15 Januari 2024.

Siapa sih yang nggak kenal dengan Avrielle Genevieve dan Audrey Wang Alam Wibowo? Keduanya merupakan tim relay 4x100m putri dari SMA Tzu Chi PIK yang berhasil meraih gelar juara SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Mereka juga menjadi salah satu tim yang sukses melaju ke SAC Indonesia 2023 National Championship. 

Rupanya, Audrey dan Avrielle tak hanya piawai di olahraga atletik lho. Keduanya merupakan student athlete di bidang olahraga basket. 

Pada penyelenggaraan DBL Jakarta 2024, Audrey dan Avrielle memperkuat SMA Tzu Chi PIK dalam AZA 3X3 Competition 2024 Jakarta - Central North. Kompetisi yang juga diselenggarakan oleh DBL Indonesia. Meskipun sudah debut di SAC Indonesia lebih dulu, ini merupakan kali pertama mereka ikut kompetisi basket yang digelar oleh DBL. 

Baca Juga: Naik Kelas! Kini SMA Tzu Chi PIK Segel Juara di Relays 4x100 Meter Putri

Audrey diketahui sudah lama bergabung dengan klub bernama Roar di Jakarta. Ia bahkan telah mondar-mandir di berbagai kompetisi. Karena kecintaannya pada basket, Audrey juga sering terlihat di beberapa pertandingan DBL Jakarta. Terakhir, ia menonton Final DBL Jakarta 2023 yang digelar di Indonesia Arena. 

Sementara itu, Avrielle sendiri bergabung dengan klub Cakra Sakti dan telah mendalami olahraga basket sejak duduk di bangku SMP. Tiga tahun lalu tepatnya. Avrielle sendiri mengaku lebih kenal basket terlebih dahulu ketimbang atletik. 

"Jadi awalnya ikut SAC itu karena basket, disuruh coba aja sama coach (Ayatullah Muhammad Resza) sih, mungkin gara-gara pernah liat aku basket jadi diajak ke tim atletik juga terus ikut SAC kemudian DBL," kata Avrielle. 

Sebenarnya, Avrielle dan Audrey ingin mengikuti nomor 5v5. Hanya saja mereka kekurangan orang untuk bergabung dalam tim. Maka dari itu keduanya memutuskan ikut AZA 3X3 Competition 2024. 

"Pengalamannya seru sih, karena baru pertama kali juga sekolah ikut DBL basket, tapi di beberapa hal perlu improve, karena ini baru beberapa kali juga aku main di nomor 3x3, jadi semoga ke depannya lebih baik lagi," tuturnya. 

Baca Juga: Audrey Wang Alam Wibowo dan Tradisi Yu Sheng Saat Imlek

Saat ditanya mengenai basket dan atletik, Avrielle mengaku kedua olahraga tersebut memiliki kesulitan yang berbeda. Meskipun begitu, Avrielle menyukai atletik dan basket. 

"Kalau atletik mungkin untuk konsisten latihan agak sulit soalnya kan ada strength training-nya, jogging, agak males,  kalau basket susah nginget pola dan kadang nggak sabaran, pengennya dapet bola langsung tembak atau dribble," tutur Avrielle. 

Ini merupakan tahun terakhir bagi Avrielle untuk dapat mengikuti liga olahraga yang digelar oleh DBL. Khususnya AZA 3X3 Competition 2024 Jakarta - Central North. Meskipun begitu, Avrielle berharap dapat bisa melanjutkan olahraga sebagai hobinya. "Hopefully bisa ikut liga mahasiswa ke depannya," tutur Avrielle. 

Sementara itu, SAC Indonesia akan berlanjut ke musim 2024. Babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar dari lebih 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. 

Ikuti terus kabar mengenai SAC Indonesia melalui website www.sacindonesia.com dan Instagram @sacindonesiaofficial. (*)

  RELATED ARTICLES