Para student athlete Skuad SMA Plus Sedayu Medan Nusantara usai mengikuti perlombaan.

Belum beruntung di dua musim sebelumnya tak lantas membuat SMA Plus Sedayu Nusantara Medan menyerah. Sekolah tersebut akan kembali bersaing di Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2024. Tahun ini, SMA Plus Sedayu Nusantara Medan akan mengirimkan 30 peserta. Jumlah tersebut dua kali lipat lebih banyak dari musim sebelumnya. 

Menurut Viqry Vahlevi Anshari, guru olahraga sekaligus pelatih atletik dari SMA Plus Sedayu Nusantara Medan, keikutsertaan muridnya kali ini untuk mendongkrak semangat berkompetisi bagi mereka yang berstatus sebagai student athlete. 

"Lalu, juga bisa untuk memberikan pengalaman bagi pelajar kami, anak-anak juga sangat ingin memberikan yang terbaik dan juara, karena ketika SAC tahun lalu belum bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, dikarenakan kurangnya persiapan," ungkap Viqry, keapada tim SAC Indonesia. 

Selain itu, banyak pelajar musim ini telah mengikuti SAC Indonesia 2023, sehingga mereka ingin mengulangi pengalaman tersebut. "Ini menjadi keinginan mereka sendiri untuk ikut di SAC Indonesia, karena musim lalu sudah merasakan perlombaannya," tutur Viqry. 

Baca Juga: SMA Darma Yudha Pekanbaru Siap Terbang ke Medan, Kirim Peserta untuk Dua Nomor!

Nantinya, sebanyak 30 pelajar tersebut sebagian besar akan turun di nomor Middle Distance 1.000m. Kebetulan, SMA Plus Sedayu Nusantara Medan telah mondar-mandir di beragam kompetisi Daerah dan provinsi. Misalnya, Kejuaraan Daerah. 

"Pemilihan Middle Distance 1.000m karena memang sekolah belum memiliki sarana latihan seperti sprinter, lompat jauh, dan lain-lain. Sehingga, kami mempersiapkan untuk jarak 400m dan 800m. Kebetulan di SAC Indonesia nomor itu tidak tersedia. Maka dari itu anak-anak lebih memilih Middle Distance 1.000m," kata Viqry. 

Untuk mempersiapkan SAC Indonesia, SMA Plus Sedayu Nusantara Medan juga telah menambah latihan dengan maksimal. Mereka berlatih hingga seminggu sebanyak lima kali. "Sekolah sangat senang dengan pihak penyelenggara karena sudah menyediakan ini. kompetisi seperti ini sangat dibutuhkan bagi anak-anak yang ingin mencapai prestasi," tutup Viqry. 

Baca Juga: SAC Indonesia Gelar Fun Run di Medan dan Mataram, Registrasi Sudah Dibuka!

Babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar dari lebih 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. 

Ikuti terus kabar mengenai SAC Indonesia melalui website www.sacindonesia.com dan Instagram @sacindonesiaofficial. (*)

  RELATED ARTICLES