Aksi Gede Wibawa Pratama saat berlatih bersama dengan SAC Indonesia 2024 Bali Nusra Qualifiers

SAC Indonesia 2024 Bali Nusra Qualifiers siap diselenggarakan pada 1-3 November 2024. Registrasi untuk regional qualifiers tersebut telah dibuka saat ini. Salah satu sekolah yang telah mendaftar adalah SMA Payangan 1 Bali. Sekolah tersebut mengirimkan dua peserta. 

Dua peserta dari SMAN 1 Payangan Bali adalah Gede Wibawa Pratama yang turun dalam perlombaan Middle Distance 1.000m putra. Sementara I Made Surya Angga Dinata turun dalam kompetisi lompat jauh putra. Ini juga menjadi kali pertama bagi SMA Payangan 1 Bali ikut serta di SAC Indonesia 2024 Bali Nusra Qualifiers.

Keikutsertaan SMA Payangan 1 Bali di SAC Indonesia Bali Nusra Qualifiers karena keinginan para peserta untuk menjajal kompetisi di atas level provinsi. "Karena SAC Indonesia itu kan diadakannya level provinsi, ada peserta dari Nusa Tenggara Barat, Bali, mungkin juga ada Nusa Tenggara Timur," ungkap Gede Wibawa Pratama.

Baca Juga: SMA Darma Yudha Pekanbaru Siap Terbang ke Medan, Kirim Peserta untuk Dua Nomor!

Gede -panggilan Gede Wibawa Pratama- sudah terbiasa mondar-mandir di kompetisi seperti Porjar dan perlombaan bersifat Open. Apalagi, SMAN 1 Payangan Bali memiliki esktrakurikuler olahraga atletik, sehingga banyak student-athlete yang berminat untuk ikut kompetisi pelajar. "Saya sih sama temen (I Made Surya Angga Dinata) yang ngide untuk ikut ini," tutur Gede. 

Gede bisa ditemui di Lapangan Mengwi. Lokasi berkumpulnya student athlete berlatih atletik. Ia bahkan sering berlatih bersama Maria Natalia Londa, atlet nasional dan profesional Indonesia di nomor lompat jauh putri. "Dulu awal mula terjun pertama kali terjun atletik itu di lompat jauh di kenalin sama kakak. Tapi sempat off karena sempat kecelakaan," lanjut Gede. 

Nantinya, Gede dan I Made Surya Angga Dinata akan terbang dari Bali ke Mataram, Nusa Tenggara Barat, lokasi diselenggarakan di SAC Indonesia 2024 Bali Nusra Qualifiers. Ini juga pertama kali SAC Indonesia kembali ke Mataram usai musim 2023 diselenggarakan di Kupang, Nusa Tenggara Timur. 

Baca Juga: Tanya-Jawab Seputar SAC Indonesia 2024

Babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal ditandingkan di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar dari lebih 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. 

Ikuti terus kabar mengenai SAC Indonesia melalui website www.sacindonesia.com dan Instagram @sacindonesiaofficial. (*)

  RELATED ARTICLES