Student Athletics Championships (SAC) Indonesia kembali melanjutkan misinya untuk menjaring bakat atletik anak-anak muda di Tanah Air. Untuk itu, SAC Indonesia bakal berlanjut ke season tiga. Kompetisi atletik pelajar terbesar hasil kolaborasi antara Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) tersebut bakal digelar di enam regional qualifiers. 

Enam regional qualifiers tersebut di antaranya, Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Central Java Qualifiers, West Java Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers, dan East Java Qualifiers. Nantinya, SAC Indonesia juga akan menyelenggarakan babak National Championship bagi juara-juara tingkat SMA. 

Sekretaris Jendral PB PASI Tigor Tanjung mengatakan bahwa SAC Indonesia kini telah menjadi wadah menaruh mimpi prestasi atletik di masa mendatang. Mewakili PB PASI, Tigor Tanjung berharap ajang tersebut tetap eksis dan konsisten diselenggarakan. "Tujuannya adalah untuk mendapatkan talenta-talenta baru yang akan mewakili Indonesia di kompetisi dunia," tuturnya. 

Baca Juga: Champion SAC 100m Rizki Ramadhani Raih Podium Lari Gawang di Kejurnas

Tigor mengajak para student-athlete untuk mempersiapkan diri menyambut season ketiga SAC Indonesia. Tigor juga menyampaikan bahwa SAC Indonesia memiliki program baru musim ini. 

"Selain juara tingkat SMA yang akan ke luar negeri untuk Training Camp, adik-adik juara tingkat SMP regional akan berkesempatan dipanggil ke pusat pelatihan dan seleksi oleh PB PASI," lanjutnya. 

Sementara itu, CEO DBL Indonesia Azrul Ananda menyoroti pengaruh besar SAC Indonesia di atletik. Yakni membuat cabor tersebut semakin populer di kalangan pelajar. Sehingga, akan ditemukan student-athlete yang dapat kembali dipoles dan bisa berkontribusi untuk prestasi Indonesia ke depannya. 

Azrul juga menekankan bahwa juara SMA dari kompetisi ini akan memndaatkan kesempatan untuk training camp ke luar negeri. 

"Ayo adik-adik calon peserta, berolahraga serta bersenang-senang di SAC Indonesia. Yang musim lalu sudah mengikuti, tetapi belum berkesempatan untuk meraih juara, coba lagi di musim ini," katanya. 

Baca Juga: Dari Gunung Rinjani Sampai Da Nang Vietnam

Babak kualifikasi regional qualifiers untuk SAC Indonesia 2024 dijadwalkan berjalan dari Oktober 2024 hingga Februari 2025. Para pemenang di babak kualifikasi regional bakal kembali berlomba di National Championships yang rencananya akan berlangsung Februari mendatang.

Registrasi untuk empat regional qualifiers awal, Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, West Java Qualifiers, dan Central Java Qualifiers dibuka pada Senin, 26 Agustus 2024. Ikuti terus kabar mengenai registrasi dan pendaftaran SAC Indonesia melalui website www.sacindonesia.com dan Instagram @sacindonesiaofficial.

Sementara itu, SAC Indonesia telah digelar sebanyak dua musim berturut-turut. Pada musim 2022, SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar, lebih 2.135  sekolah, dari sembilan regional qualifiers. Di musim 2023, SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di enam regional qualifiers. (*)

  RELATED ARTICLES