Noah Lyles dalam U.S. Olympics Track and Field Trials (instagram: nojo18)

Juara dunia Noah Lyles memenangkan nomor 100m pada uji coba Olimpiade di AS. Dengan begini, Noah Lyles dipastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024. 

Lyles, yang gagal mengikuti lomba lari 100m di Olimpiade Tokyo 2020 setelah finis ketujuh di uji coba, menyamai waktu terbaik pribadinya dengan 9,83 detik di uji coba Olimpiade di AS 2024, yang diselenggarakan di Eugene, Oregon, pekan ini. 

Kenny Bednarek, menempati posisi kedua dengan waktu 9,87 detik, sementara peraih medali perak Tokyo 2020 Fred Kerley, yang berada di posisi ketiga dengan waktu 9,88 detik, juga lolos.

"Tiga tahun lalu saya berada di urutan kedua dari terakhir. Tahun ini saya datang dan memenangkannya," kata Noah Lyles, yang mencatatkan kecepatan 9,80 detik dengan bantuan angin di semi-final.

Baca Juga: Netflix Merilis Dokumenter SPRINT, Ceritakan Perjalanan Sprinter Dunia di WAC

"Bagian dari rencana. Tidak ada yang berubah. Mungkin akan mengejutkan semua orang, tapi ketika kamu tahu tujuannya, kamu juga tahu tujuannya."

Perunggu 200m Noah Lyles di Olimpiade Tokyo menjadi satu-satunya medali Olimpiade yang dimilikinya saat ini. 

"Jika saya tidak mendapatkan tempat ketiga di Tokyo, saya tidak akan memiliki keinginan besar sekarang. Saya tidak akan memiliki api yang menyala-nyala. Saya tidak akan mencapai apa yang telah saya capai di masa lalu," ujarnya.

“Sekarang kami terus menatap masa depan dengan mata terbuka karena apapun bisa terjadi," lanjut Noah Lyles.

Sementara itu, pelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri juga dipastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024. Ini sekaligus menjadi kesempatan kedua baginya berlaga di pesta olahraga dunia setelah tiga tahun lalu.

Baca Juga: Mengenal Noah Lyles, Sprinter Muda AS dengan Sederet Gelar Juara Dunia

National Olympic Committee (NOC) Indonesia memastikan lolosnya pelari jarak pendek asal NTB itu dalam unggahan di Instagram. Tentunya, Lalu Muhammad Zohri akan bertemu dengan juara dunia Noah Lyles. 

"Lalu Muhammad Zohri lolos menjadi wakil Indonesia pada Olimpiade Paris 2024 cabang olahraga Atletik nomor Men's 100m melalui alokasi Universality Place," tulis keterangan NOC Indonesia.

Olimpiade Paris akan berlangsung pada 26 Juli hingga 11 Agustus, dengan final 100m putra akan digelar pada 4 Agustus 2024. (*)

  RELATED ARTICLES