Menaklukan ASEAN (8)

Antara Lompat Jangkit dan Lompat Jauh

Jingga Irawan - 10 June 2024
Abdilah Panca Wiradhika usai berlaga di 13th ASEAN School Games untuk nomor lompat jangkit

Siapa sih yang nggak kenal dengan Abdilah Panca Wiradhika? Pelajar dari SMAN 1 Jakarta yang namanya telah terkenal di mana-mana. Wira -panggilannya- telah mondar-mandir di berbagai kompetisi atletik lokal, nasional, hingga internasional. Ia biasa bersaing untuk nomor lompat jangkit dan lompat jauh putra.

Terbaru, Wira berhasil memperoleh medali perunggu untuk lompat jangkit di 13th ASEAN School Games 2024, yang diselenggarakan di Da Nang, Vietnam. Mulai 31 Mei-9 Juni. Ini menjadi kali pertama Wira bersaing di ASEAN School Games 2024. 

"Alhamdulilah yaAllah, masih diberi rezeki di ASEAN School Games yang ke-13, terima kasih Ummi dan Abi, kakak-kakak dan abang-abang atas doanya dan support-nya, terima kasih juga coach yang udah sabar ngelatih Wira, terima kasih juga kepada teman-teman semuanya atas doa dan support-nya," terang Wira, saat dihubungi oleh tim SAC Indonesia. 

Baca Juga: Alumni SAC Indonesia Raih Dua Medali di Ajang 13th ASEAN School Games 2024

Wira sebenarnya tak hanya turun di satu nomor dalam jang 13th ASEAN School Games 2024. Ia juga tampil dalam nomor lompat jauh putra. Hanya saja memang belum beruntung untuk meraih podium pertama. Catatan lompatan Wira berada di urutan keempat. "Tapi personal best sih walaupun nggak dapat podium," kata Wira. 

Wira mencatatkan catatan sejauh 6.92m untuk lompat jauh putra. Sedangkan di nomor lompat jangkit ia sukses meraih lompatan 14,72m. Berada di belakang pelompat asal Thailand dan Malaysia, yakni Wachilavit Chaleeniwat dan Mark Paladius. Yang berhasil memperoleh lompatan masing-masing 15,07m dan 14,76m. 

Catatan Wira untuk lompat jangkit kali ini lebih tajam dibandingkan dengan prestasinya saat mengikuti SEA Youth Athletics Championships, yang digelar pada Desember 2023 lalu. Saat itu, Wira juga meraih podium ketiga dengan lompatan 14,44m. 

Kiprah di SAC Indonesia

Abdillah Panca Wiradhika memulai debutnya di SAC Indonesia 2022 - Jakarta Banten Qualifiers. Mewakili SMAN 1 Jakarta, Wira bersaing di nomor lompat jauh. Saat ditanya mengenai profil dan bakat dirinya, Wira sebenarnya mendalami lompat jangkit. Namun, karena SAC Indonesia hanya mengatur perlombaan lompat jauh, Wira mencoba turun di nomor tersebut.

Wira berhasil mengamankan podium kedua dengan catatan lompatan 5,97m untuk SAC Indonesia 2022. Dan bersaing di babak National Championship serta memimpin catatan penyisihan. Sayangnya, Wira belum beruntung untuk merebut podium di final National Championship. Namun, ia beberapa kali berlaga di berbagai kompetisi nasional seperti POPNAS.

Tanah Air tentunya menanti prestasi Abdilah Panca Wiradhika lainnya yang akan membawa nama Indonesia, antara lompat jangkit dan lompat jauh. Baca series "Menaklukan ASEAN" selengkapnya di DBL Play: (*)

Seri pertama: Emas ASG 2024, Langkah Awal Indonesia Mendobrak Dominasi Filipina!

Seri kedua: Nama-nama Pemain DBL dan SAC yang Meraih Medali di ASEAN School Games 2024

Seri ketiga: Cliffton Wijaya: Menamatkan SMA dan Memimpin Timnas Putra Indonesia Juara!

Seri keempat: Richie Bertrand Linardi Mencapai Ekuilibrium

Seri kelima: Kilas Balik Deretan Student Athlete SAC yang Menaklukan ASEAN School Games 2024

Seri keenam: Dari Gunung Rinjani Sampai Da Nang Vietnam

Seri ketujuh: Nadia Aisha, Jawara Estafet Lintasan dan Renang

  RELATED ARTICLES