Menaklukan ASEAN (7)

Nadia Aisha, Jawara Estafet Lintasan dan Renang

Jingga Irawan - 10 June 2024
Nadia Aisha Nurazmi bersama dengan Megan Charlize, Lilly Kartina, dan Adelia Chantika usai meraih gelar runner up dalam 13th ASEAN School Games (ASG) 2024 untuk Swimming 4x100m Freestyle Relay

Estafet. Satu kata yang begitu monumental di hidup Nadia Aisha Nurazmi. Ia berhasil menjuarai SAC Indonesia 2022-2023 West Java Qualifiers di nomor 4x100m Relay. Pun meraih gelar runner up dalam 13th ASEAN School Games (ASG) 2024 untuk Swimming 4x100m Freestyle Relay. 

Nadia berhasil membawa pulang medali perak di (ASG) bersama dengan timnya, yakni Megan Charlize, Lilly Kartina, dan Adelia Chantika. Siswi SMAN 27 Bandung itu finis di urutan kedua, mengalahkan skuad perenang asal Vietnam dan Malaysia. Keberhasilan Nadia dan timnya tentu mengukir sejarah baru untuk Tanah Air di lima tahun penyelenggaraan kompetisi tersebut. 

13th ASEAN School Games 2024 digelar pada 31 Mei - 9 Juni di Da Nang, Vietnam. Namun, sebelum bertolak ke Negeri Naga Biru, Nadia terlebih dulu melakukan pemusatan latihan di Jakarta, Indonesia. Bersama dengan Kontingen Garuda untuk cabang olahraga renang yang lain, Nadia bertolak pada 2 Juni 2024 ke Vietnam. Dan tampil pada 4 Juni 2024. 

"Tentunya aku bersyukur banget bisa memberikan yang terbaik dalam penyelenggaraan ASG 2024 ini," kata Nadia. 

Nadia memang menyukai olahraga sejak kecil. Ia bahkan telah mendalami renang mulai usia 11 tahun. Dan beberapa kali mengikuti kompetisi lokal maupun nasional. ASG saja bukan kali pertama Nadia berkompetisi di level internasional. Sebelumnya, ia pernah mengikuti Malaysia Invitation Age Groups. 

Baca Juga: Dari Gunung Rinjani Sampai Da Nang Vietnam

Estafet Lintasan di SAC Indonesia

Nama Nadia bukan hanya mentereng dalam perlombaan renang. Bakatnya juga unggulan di cabor atletik. 

Nadia sempat mencuri perhatian setelah memperkuat tim SMAN 27 Bandung dengan meraih juara SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers. Sama-sama untuk nomor estafet. Hanya saja di SAC Indonesia, ia bersaing untuk estafet lintasan. Sedangkan di ASG tahun ini, ia Berlaga untuk estafet renang. Meskipun sama-sama 4x100m. 

Bahkan, Nadia dan skuad sekolah tersebut melanjutkan kompetisi di SAC Indonesia 2022 National Championship. Namun, saat di tingkat nasional Nadia dan skuad SMAN 27 Bandung harus puas di babak penyisihan. 

Nadia kembali ke panggung SAC Indonesia setahun berikutnya. Dengan latihan yang lebih matang dan persiapan lebih terencana. Hasilnya, SMAN 27 Bandung kembali meraih juara untuk SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. 

Baca Juga: Kilas Balik Deretan Student Athlete SAC yang Menaklukan ASEAN School Games 2024

Perbedaan Estafet Lintasan dan Renang

Meskipun estafet untuk atletik dan renang sangat berbeda, Nadia Aisha memang tampaknya unggul dalam olahraga kelompok. Yang tentunya membutuhkan kerja sama begitu tinggi. "Kalau estafet gantian bawa tongkat begitu kan, nah kalau renang beda, tunggu perenang sebelum kita sampai terus kita loncat dari start block," kata Nadia. 

Nadia Aisha saat ini duduk di bangku kelas 12. Tentunya berharap banyak prestasi lain yang bisa ia ciptakan di masa mendatang. (*)

Baca series "Menaklukan ASEAN" selengkapnya di DBL Play:

Seri pertama: Emas ASG 2024, Langkah Awal Indonesia Mendobrak Dominasi Filipina!

Seri kedua: Nama-nama Pemain DBL dan SAC yang Meraih Medali di ASEAN School Games 2024

Seri ketiga: Cliffton Wijaya: Menamatkan SMA dan Memimpin Timnas Putra Indonesia Juara!

Seri keempat: Richie Bertrand Linardi Mencapai Ekuilibrium

Seri kelima: Kilas Balik Deretan Student Athlete SAC yang Menaklukan ASEAN School Games 2024

Seri keenam: Dari Gunung Rinjani Sampai Da Nang Vietnam

  RELATED ARTICLES