Para kontingen dari West Java Qualifiers dan Jakarta Banten Qualifiers (Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers dan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers) menjadi qualifiers terakhir yang menjajal Stadion Sriwedari, Solo.

Ya, ini masuk dalam rangkaian panjang Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship.

Menjajal lapangan, menyesuaiakan suasana kota Surakarta sebelum beradu cepat dengan qualifiers lain pada Jumat, 19 Januari 2024.

Baca juga: Ini Daftar 6 Tim yang Lolos Babak Final Estafet 8x50 Meter Kategori SD

Jakarta Banten Qualifiers terlebih dahulu menjajal lapangan.

Yasir Amri, salah satu kontingen asal SMAN 5 Kota Tangerang Selatan misalnya. Ini merupakan pengalaman perdananya ke Kota Solo.

"Ternyata lebih adem di sini daripada Jakarta. Jauh sekali hahahaha. Di sini juga banyak tempat bagus," ungkapnya.

Meski menjadi pengalaman perdana, Yasir mengaku tidak ada masalah dengan lintasan lari Stadion Sriwedari. "Gak ada masalah sih, ini tadi habis latihan ya berjalan aman. Aku menganggap seperti pada lintasan lari pada umumnya," terangnya.

Baca juga: Ini 6 Tim Estafet SMP yang Berhasil Lolos Babak Final Pertamina Junior Challenge

Cerita serupa juga datang dari teman-teman tim putri estafet SMAN 27 Bandung. Ternyata ini merupakan pengalaman pertama mereka berangkat ke Solo. "Jujur ini itu kayak liburan tapi sambil lomba gitu hahahaha," ungkap Nadia Aisha, salah satu penggawa tim Estafet SMAN 27 Bandung.

Bahkan ia mengaku bahwa suasana kota Solo lebih syahdu ketimbang Bandung. "Jujur lebih dingin di sini. Enak juga hawanya, Kak. Sudah siap lah buat tampil besok," terangnya.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship merupakan babak puncak bagi rangkaian enam regional qualifiers SAC Indonesia 2023. Sebanyak 288 juara regional qualifiers bersaing di National Championship untuk memperebutkan gelar sebagai "Champion SAC." Nantinya, para Champion SAC berhak mendapatkan reward untuk mendapatkan international training camp. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31.215 pelajar lebih dari 2.135  sekolah dari sembilan regional qualifiers di musim perdana. Di musim 2023, Energen Champion SAC Indonesia sukses melibatkan 31.362 peserta dari 2.465 sekolah di sembilan regional qualifiers. SAC Indonesia diharapkan untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik. (*)

  RELATED ARTICLES