Paris Olympics 2024: Dok: Paris 2024

Tercatat akan ada enam kejuaraan atletik global yang akan diselenggarakan pada tahun 2024. Enam kejuaraan ini termasuk kejuaraan multi event dan masing-masing disiplin. Baik yang digelar di dalam ruangan maupun luar ruangan. Buat kamu yang penasaran apa saja enam kejuaraan atletik global yang bakal digelar pada 2024, berikut SAC Indonesia rangkum untukmu: 

1. Olimpiade Paris 2024

Atletik adalah olahraga No.1 dalam acara terbesar di dunia tahun ini. Setelah menjadi tuan rumah pada 1924, Paris akan kembali menjadi penyelenggara Olimpiade. Nantinya, lebih 2.000 atlet dari sekitar 200 negara akan bersaing memperebutkan medali di 48 disiplin. Acara olahraga terbesar di dunia ini akan diselenggarakan mulai 1-11 Agustus 2024. Tentunya akan banyak persaingan hebat , drama, dan penampilan pemecahan rekor.

2. World Athletics Indoor Championships Glasgow

World Athletics Indoor Championships sebentar lagi digelar. Itu akan menjadi kejuaraan khusus atletik global pertama di tahun 2024. Glasgow akan menjadi tuan rumah kompetisi tersebut, yang akan digelar pada 1-3 Maret mendatang. 

Dalam kejuaraan indoor musim sebelumnya, pelompat galah Mondo Duplantis dan pelompat jangkit Yulimar Rojas mencetak rekor dunia. Masih harus dilihat apakah World Athletics Indoor Championships di Glasgow akan menjadi momen bersejarah baru bagi cabang olahraga atletik dengan rekor dan persaingan sengitnya. 

3. World Athletics Relays Bahamas 2024

Beberapa dari kalian mungkin baru mengenal soal kompetisi khusus lari estafet. Untuk pertama kalinya sejak 2017, World Athletics akan diadakan di Bahama. Kompetisi khusus estafet itu akan diadakan pada 4-5 Mei mendatang. Nomor-nomor estafet yang akan diperlombakan di antaranya adalah 4x100m, 4x400m dan 4x400m.

4. World Athletics Cross Country Belgrade 2024

Setelah menjadi tuan rumah World Athletics Indoor Championships, tahun ini Serbia akan menjadi tuan rumah bagi komptisi cross country terbaik dunia. Edisi terbaru dari ajang tersebut akan digelar pada tanggal 30 Maret.

5. World Athletics U20 Championships Lima

Setelah World Athletics U20 Championships sukses digelar di Cali dua tahun lalu, acara tersebut akan kembali diselenggarakan di Amerika Selatan. Lima menjadi kota pertama di Peru yang menjadi tuan rumah acara kejuaraan tingkat dunia tersebut. Kejuaraan ini akan berlangsung pada tanggal 27-31 Agustus dan akan menampilkan atlet atletik baru kelas dunia.

6. World Athletics Race Walking Team Championships

Untuk pertama kalinya dalam sejarah kejuaraan ini – termasuk semua kejuaraan sebelumnya – Turki akan menjadi tuan rumah World Athletics Race Walking Team Championshipd pada tanggal 21 April 2024 mendtang. 22 tim yang berhasil menempati klasemen teratas di kompetisi ini akan secara otomatis lolos ke lomba lari maraton estafet campuran – cabang olahraga Olimpiade terbaru – di Olimpiade Paris 2024. (*)

  RELATED ARTICLES