Aksi Tia Rosanti saat bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

Tia Rosanti dari SMKN 1 Cidaun siap bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 National Championship. Setelah menjuarai nomor 100m putri di West Java Qualifiers 2023, Tia akan melenggang ke babak puncak, yang akan diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah. Tepatnya pada 18-20 Januari 2024 mendatang. 

Ini merupakan kali pertama bagi Tia Rosanti bersaing di Energen Champion SAC Indonesia. Apalagi, Tia memang baru menggeluti dunia atletik pada 2022. "Awalnya ikut O2SN, di lomba O2SN saya menang tapi kalah  di tingkat provinsi, lalu pihak sekolah menawarkan saya untuk mengikuti lomba SAC. Karena saya tertarik untuk ikut akhirnya saya menyetujuinya," kata Tia

Meskipun berhasil menembus podium di West Java Qualiiers, Tia tidak terlalu banyak berekspektasi dalam National Championship 2023. Melihat lawan-lawannya besok adalah para senior. Beberapa bahkan telah menjuarai regional qualifiers di SAC Indonesia 2022. "Sebenarnya saya sangat senang sekaligus gugup. Soalnya ketemu sama yang sudah pengalaman," tutur Tia. 

Untuk menghadapi babak National Championship, Tia Rosanti meningkatkan intensitas latihan. Khususnya memanfaatkan pasir pantai untuk berlatih. Terlebih lagi, SMKN 1 Cidaun terletak dekat dengan pantai. "Berlatihnya di pasir pantai. Nggak jauh dari pantai. Di situ kan bisa melatih berat kaki. Tapi kalau dari pasir ke tanh bisa ringan larinya," kata Tia. 

Nantinya, Tia Rosanti akan bertemu dengan 288 juara regional qualifiers-nya. Ia akan bersaing untuk memperebutkan sebagai gelar Champion SAC. Tak lupa, Tia Rosanti juga mengapresiasi SAC Indonesia. Terlebih kompetisi pelajar tersebut dapat menjadi wadah bagi pemula di dunia atletik. 

Baca Juga: Atletik Punya Sejarah Panjang di Solo, Berikut Deretan Fakta Menariknya!

"Harapan saya buat SAC Indonesia semoga makin maju, dan makin banyak anak yang mengikuti lomba SAC Indonesia. Kalau masih bisa InshaAllah saya bakal ikut," terang Tia. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES