Sosok Arfiansyah, usai tampil di babak penyisihan Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

Arfiansyah Adi Yuliarta sukses mencuri perhatian. Siswa SMA Hang Tuah 1 Surabaya tersebut pecahkan rekor SAC nomor 100 meter putra di babak penyisihan Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Arfiansyah sukses bikin kagum ratusan penonton dengan waktu 10,87 detik, dalam perlombaan di Lapangan THOR, Surabaya, pada Sabtu, 9 Desember 2023. 

Sebelumnya, rekor SAC Indonesia di nomor 100 meter putra dipegang oleh Yogi Saputra (SMAN 1 Surade), dengan catatan waktu 11,06 detik. Yogi merupakan juara National Championship 2022 dan salah satu peserta SAC ke Australia. Sebagai informasi, rekor Indonesia untuk 100 meter putra saat ini masih 10,17 detik. Yang dicatatkan oleh Suryo Agung Wibowo di SEA Games 2009. 

Menurut Arfiansyah, dirinya telah mempersiapkan diri selama satu tahun penuh untuk SAC Indonesia 2023. Bahkan, Arfiansyah tidak mengambil kesempatan untuk mengikuti kejuaraan elit, dari lembaga pemerintah atau lembaga swasta. Mengingat regulasi SAC Indonesia melarang pelari profesional yang telah berkompetisi di event elit. 

"Memang nungguin SAC. Dari pulang di National Championship awal tahun ini langsung latihan. Karena  di SAC perdana itu saya juga masih awal-awal latihan. Sebelumnya juga mendalami olahraga futsal," tutur Arfiansyah. 

Aksi Arfiansyah di babak penyisihan 100 meter putra Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

Arfiansyah, yang kini duduk di bangku kelas 12, mengaku SAC Indonesia 2023 adalah kesempatan berharga yang tak boleh dilewatkan sebelum lulus jenjang SMA. Cita-citanya besar. Bisa menjadi juara di East Java Qualifiers. Dan bisa meraih juara di National Championship. 

"Pengen ke luar negeri soalnya, semoga besok di babak final bisa kembali menampilkan performa terbaik," kata Arfiansyah. 

Lewat kesempatan di SAC Indonesia, Arfiansyah membuktikan bahwa waktu keberhasilan setiap pelajar berbeda-beda. Hanya saja, tetap harus mencoba dan berusaha untuk meraih prestasi. "Usaha itu tidak mengkhianati hasil dan waktu bersinar seseorang itu berbeda-beda, jadi tetap semangat buat anak muda Indonesia," tandasnya. 

Babak final Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers di nomor 100 meter putra akan diselenggarakan pada Minggu, 10 Desember 2023. Ada delapan finalis, termasuk Arfiansyah, yang akan bersaing besok. 

Baca Juga: Siswi Smada Madiun Pecahkan Rekor Lompat Jauh Energen Champion SAC Indonesia

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers digelar di Lapangan THOR, Surabaya pada 8-10 Desember 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air itu diikuti oleh 5.277 siswa dari 610 sekolah dari seluruh Jawa Timur. Mulai jenjang SD, SMP hingga SMA.

East Java Qualifiers merupakan salah satu dari total enam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan Central Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES