Keseruan 1.000 meter putri dalam Energen Champion SAC National Championship

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers menjadi salah satu regional qualifiers paling dinantikan dari seluruh penyelenggaraan SAC Indonesia 2023. Pasalnya, Central Java Qualifiers dikenal menghasilkan pesaing yang mengerikan. Salah satunya untuk nomor 1.000 meter putri. 

Aziyyati Dina Amalina dari SMAN 1 Pabelan, Jawa Tengah memegang rekor 1.000 meter putri selama hampir setahun lamanya. Rekor tersebut pecah di penyelenggaraan Energen Champion SAC National Championship pada Januari 2023. Saat itu Aziyyati memimpin di podium pertama dengan perolehan 3 menit 24,49 detik. 

Sayangnya, rekor tersebut tak bertahan lama. Vira Chazinatuss'ab dari SMAN 7 Cirebon memecahkan rekor itu di penyelenggaraan West Java Qualifiers 2023. Vira meraih catatan waktu 3 menit 23,72 detik. Dan langsung menggeser posisi Aziyyati di klasemen rekor SAC. 

Namun, masih ada student-athlete lain yang berpeluang memecahkan rekor SAC untuk 1.000 meter putri. Yakni Nur Aslamiyah Irja Pasa. Siswa SMAN 3 Salatiga tersebut meraih posisi runner up dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC National Championship. Di belakang Aziyyati, Pasa mencatatkan waktu 3 menit 24,93 detik. 

Dengan latihan yang serius dan kurun waktu sejak SAC Indonesia 2023 pertama diselenggarakan, Pasa berpeluang besar menajamkan catatan waktunya di SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Apalagi, dirinya telah berpengalaman dalam National Championship. 

Pasa bahkan berpeluang untuk mempertahankan gelar juaranya. Karena Aziyyati Dina Amalina tak kembali bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Namun, tak menutup kemungkinan Bahwa gelar 1.000 meter putri menjadi milik juara baru di SAC Indonesia 2023. Pasalnya, cakupan peserta Central Java Qualifiers lebih luas kali ini. 

Baca Juga: Runner Up 1.000m Putri Akan Kembali Bersaing di Central Java Qualifiers 2023

Central Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan East Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES