Nur Aslamiyah Irja Pasa saat bersaing dalam Energen Champion SAC National Championship

Runner up 1.000m putri National Championship dari SMAN 3 Salatiga, Nur Aslamiyah Irja Pasa, akan kembali bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Kompetisi atletik pelajar tersebut rencananya akan diselenggarakan pada 24-26 November 2023. Bertempat di Stadion Tri Lomba Juang, Semarang, Jawa Tengah. 

Menurut Pasa -begitu ia kerap disapa- SAC Indonesia 2023 akan menjadi momen tak terlupakan. Pasalnya, ini akan menjadi kesempatan terakhirnya mengikuti kompetisi pelajar tersebut sebelum lulus. "Sekarang aku kan di kelas XII, masih ada kesempatan untuk ikut. Mau ikut juga karena ingin memperbaiki tahun kemarin," katanya. 

Selain menjadi runner up, Pasa juga merupakan salah satu wakil Jawa Tengah untuk National Championship. Bahkan, dirinya menyabet podium kedua. Dan finis dengan catatan waktu 3 menit 24,93 detik. Ini tentunya merupakan pencapaian luar biasa bagi Pasa. "Semua orang pasti pengen podium. Tapi target pertama aku adalah buat memecahkan personal best," ungkap Pasa. 

Meskipun begitu, Pasa memprediksi persaingan tahun ini akan lebih ketat dari penyelenggaraan musim sebelumnya. Selain karena SAC Indonesia 2023 lebih dikenal, ini juga disebabkan oleh gelaran Central Java Qualifiers bisa diikuti oleh pelajar dari Yogyakarta Qualifiers. Bahkan, juara dari region tersebut beberapa telah mendaftar. 

"Jujur sepertinya tahun ini ngeri-ngeri, hehehe. Ada beberapa pesaing yang aku tahu dari Jawa Tengah. Tapi semoga aja akunya nanti bisa tampil maksimal musim ini," kata Pasa. 

Baca Juga: Nur Aslamiyah Irja Pasa Terkejut Presiden Jokowi Hadir di Final SAC

Central Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan East Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES