Ahmad Zacky Alfirdaus akan kembali bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Juara Central Java Qualifiers 2022 itu akan kembali bersaing di nomor sprint 100 meter putra. Zacky, panggilannya, memiliki target besar tahun ini. Siswa SMAN 1 Jepon itu ingin meraih gelar sprint 100 meter putra dan menjadi juara di National Championship. 

"Saya tentunya ingin kembali memecahkan rekor pribadi dan membuat bangga almamater sekolah maupun daerah," ungkap Zacky. 

Setelah pulang dari National Championship kemarin, Zacky langsung memaksimalkan latihannya. Agar peluangnya menjadi juara semakin besar. Apalagi, ini merupakan tahun kedua bagi Zacky bersaing di SAC Indonesia. "Tahun ini semoga bisa lebih maksimal dalam melakukan perlombaan. 

Zacky mengatakan bahwa SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers akan lebih ketat. Pasalnya, pelajar dari Jawa Tengah berlomba-lomba untuk tampil lebih baik. Terlebih lagi, SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers juga dapat diikuti oleh siswa dari Yogyakarta. "Terus peminatnya juga lebih banyak tahun ini. Ya, mudah-mudahan aja," kata Zacky. 

Pada penyelenggaraan musim lalu, Zacky berhasil mencatatkan waktu 11,38 detik. Membuatnya berhasil melaju ke babak National Championship di Jakarta. Namun, Zacky gagal masuk ke final. 'Tahun ini semoga bisa memberikan yang terbaik," tandas Zacky. 

Baca Juga: Deretan Sekolah Juara yang Bakal Bersaing di Central Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers diikuti oleh ratusan sekolah dan ribuan pelajar di Jawa Tengah. Kompetisi atletik pelajar terbesar itu diselenggarakan pada 24-26 November 2023.

Central Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan East Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

 

  RELATED ARTICLES