Sosok Fakhri Bodowien dari SMPN 213 Jakarta berhasil mengakuisisi gelar juara tolak peluru putra jenjang SMP

Fakhri Bodowien dari SMPN 213 Jakarta berhasil mengakuisisi gelar juara tolak peluru putra. Dalam babak final Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers, Jumat, 3 November 2023, Fakhri berhasil melibas total 99 peserta yang lain dengan jarak tolakan sejauh 11,22 meter. Hasil tersebut diperolehnya pada percobaan ketiga. 

Ini menjadi kali pertama bagi Fakhri ikut serta dalam SAC Indonesia 2023. Juga menjadi pengalaman pertamanya bersaing di nomor tolak peluru. Sebenarnya, Fakhri adalah anak basket. Bahkan cita-citanya adalah berkompetisi di liga basket DBL Indonesia. Hanya saja, itu baru bisa dilakukan saat Fakhri menginjak di bangku SMA.

"Kebetulan dipilih oleh guru jadi ikut DBL yang atletik terlebih dahulu, hehehe," kata siswa yang bercita-cita masuk SMAN 71 Jakarta (Sapta Eka). 

Karena pertama kali bersaing, Fakhri sempat merasakan gugup. Pasalnya, banyak lawan tolak pelurunya yang telah berpengalaman dalam kompetisi atletik. Khususnya tolak peluru. "Sempat takut juga sih. Lawannya juga banyak," lanjur Fakhri.  

Jika Fakhir menghuni podium pertama, di belakangnya ada Muhammad Fazri Fadliansah dari SMPN 95 Jakarta yang mencatatkan jarak 10,74 meter. Sedangkan di posisi ketiga ada Fazly Saiful Azhar dari SMP Al Azhar 11 Serang dengan 10,59 meter. 

Hasil Tolak Peluru Putra: 

1. Fakhri Bodowien (SMPN 213 Jakarta) - 11,22 meter

2. Muhammad Fazri Fadliansyah (SMPN 95 Jakarta) - 10,74 meter

3. Fazly Saiful Azhar (SMP Al Azhar 11 Serang) - 10,59 meter

Baca Juga: 4.520 Pelajar dari Jakarta dan Banten Bersaing di SAC Indonesia 2023!

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers diikuti oleh 4.520 peserta dari 360 sekolah di DKI Jakarta dan Banten. Kompetisi atletik pelajar terbesar itu akan diselenggarakan pada 3-5 November 2023.

Jakarta Banten Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Central Java Qualifiers dan East Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES