Sosialisasi Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers sukses digelar, Kamis, 19 Oktober 2023. Lebih dari 50 guru olahraga tingkat SMP dan SMA di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur ikut serta. Tujuan sosialisasi ini adalah meningkatkan partisipasi dalam kompetisi atletik yang diselenggarakan oleh SAC Indonesia. 

Dalam agenda sosialisasi, guru-guru yang hadir mendapatkan pengarahan terkait kompetisi Energen Champion SAC Indonesia Bali Nusra Qualifiers. Terutama terkait kompetisi bertingkat yang dimiliki SAC. Mulai dari babak regional qualifiers, perlombaan tingkat nasional, hingga adanya program training ke luar negeri. 

Ketua MGMP Guru PJOK SMP-SMA Kota Kupang Isai Kause menyebut bahwa ada potensi besar di NTT. Khususnya Kota Kupang. Menurutnya, dengan adanya SAC Indonesia ini, anak-anak yang belum memiliki kesempatan untuk menumbuhkan potensinya dapat memiliki tempat untuk berprestasi. "SAC akan menyaksikan bahwa NTT memiliki mutiara terpendam. Dan akan muncul dan akan terbukti ketika pelaksanaan nanti," kata Isai Kause. 

Sebagai orang yang langsung menerapkan kurikulum dan pelajar olahraga, Isai Kause juga menyebut bahwa SAC Indonesia dapat memotivasi guru-guru dan sekolah untuk lebih aktif lagi mengadakan ekstrakurikuler. "Tentunya akan memfokuskan praktiknya. Sekarang ini sudah muncul dukungan pemerintah pada pos pembenahan prestasi siswa dan kompetisi guru," lanjutnya. 

Untuk itu, ketika ada pengumumuman bahwa SAC Indonesia akan diselenggarakan, banyak kolaborasi yang langsung dihadirkan antara pelajar, guru, sekolah hingga dinas terkait. "Semoga ke depannya SAC Indonesia akan terus diselenggarakan. Dan banyak atlet luar biasa akan muncul dari Kupang," tandas Isai Kause. 

Baca Juga: Disambut Positif, Sosialisasi SAC Indonesia Diikuti 185 Sekolah dari DKI Jakarta

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers siap digelar pada 26-28 Oktober 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu untuk pertama kalinya akan singgah di Stadion Oepoi, Kupang, NTT. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers akan diselenggarakan pada 3-5 November di Stadion Atletik, Rawamangun, Jakarta. Ini merupakan kali kedua bagi kompetisi atletik pelajar tersebut singgah di Jakarta. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES