Sosok Abdillah Panca Wiradhika saat bersaing dalam Energen Champion SAC National Championship

SMAN 1 Jakarta bakal comeback dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Sekolah tersebut akan mengirimkan sekitar 13 peserta. Yang akan bersaing di berbagai nomor lomba. Mulai dari lari jarak menengah 1.000 meter, lompat jauh, tolak peluru hingga lari jarak pendek 100 meter. 

Menurut guru PJOK SMAN 1 Jakarta, Al Muqsitu Radiyah, ini akan menjadi pengalaman berharga bagi SMAN 1 Jakarta. Apalagi usai salah satu wakil sekolah tersebut Abdillah Panca Wiradhika berhasil menembus babak National Championship. Yang diselenggarakan di Stadion Madya, Jakarta pada Januari lalu.

"Salah satu poin penting yang menjadi motivasi kami adalah memberi ruang untuk peserta didik mengembangkan potensi yang dimilikinya. Terlebih dengan pengalaman salah satu peserta didik sebelumnya yang mampu mencapai babak National Championship," ungkap Al Muqsitu Radiyah. 

SMAN 1 Jakarta menyebut bahwa persiapannya untuk Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers begitu serius. Deretan peserta sekolah tersebut begitu antusias menyambut adanya musim baru. 

Baca Juga: SMAN 53 Jakarta Siap Revans di SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers

"Untuk persiapan sendiri peserta didik kami beragam ya. Beberapa juga memang konsisten latihan tiap sore. Rata-rata tiga sampai empat kali seminggu," kata Al Muqsitu Radiyah. 

Al Muqsitu Radiyah mengapresiasi adanya SAC Indonesia. Menurutnya, ini bisa menjadi ruang untuk peserta didik SMAN 1 Jakarta mengembangkan potensinya di atletik. "Dan kami sebagai guru olahraga sangat mengapresiasi kegiatan SAC ini, dan harapan kami tentunya SAC tetap jaya menjadi wadah regenerasi atletik di Indonesia," terang Al Muqsitu Radiyah. 

Nantinya, SMAN 1 Jakarta akan bersaing ke Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Yang bakal diselenggarakan pada 3-5 November 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan digelar di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta.

Baca Juga: Delegasi SMAN 1 Jakarta Terbaik di Penyisihan Lompat Jauh Putra

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES