Wakil SDN 083 Babakan Surabaya Kota Bandung yang berhasil meraih juara di Energen Champion SAC Indonesia 2022-West Java Qualifiers

SDN 083 Babakan Surabaya Kota Bandung siap mengguncang Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Sekolah tersebut akan mengirimkan sekitar 78 siswa. Yang terbagi dalam 14 tim untuk nomor regu. Di antaranya, estafet 8x50 meter, Kanga's Escape dan Formula One. 

Menurut Epo Warsa, guru PJOK SDN 083 Babakan Surabaya, jumlah ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Pasalnya, Epo ingin fokus untuk membina kekompakkan dan melatih kerja sama dari para siswanya. "Untuk melatih anak-anak itu memang harus sambil bermain. Maka dari itu, tahun ini saya memang mayoritas mengikutsertakan untuk nomor beregu," katanya. 

SDN 083 Babakan Surabaya Kota Bandung memang telah berpengalaman dalam kompetisi atletik. Khususnya bagi perlombaan tingkat pelajar. Bahkan, sekolah tersebut pernah menjadi juara umum dalam berbagai perlombaan tingkat kabupaten maupun Kota Bandung. "Nah SAC Indonesia ini menjadi salah satu cara kami untuk memberikan ruang berprestasi bagi anak," lanjut Epo. 

Misalnya, sekolah tersebut berhasil menjuarai nomor perlambaan Kanga's Escape dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers. Tentunya, dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023, SDN 083 Babakan Surabaya berharap peserta didiknya bisa tampil maksimal. "Berusaha dengan maksimal, yang penting anak senang dan gembira," kata Epo. 

SDN 083 Babakan Surabaya memiliki ekstrakurikuler atletik. Yang memang diperuntukkan untuk mewadahi anak-anak menekuni cabor tersebut. Dalam menghadapi SAC Indonesia, para peserta juga berlatih di esktrakurikuler itu. Yang langsung dibimbing oleh Epo Warsa. "Kalau hari-hari biasa mungkin lebih ke latihan fisik. Tapi menjelang perlombaan, saya pasti mengenalkan ke permainannya," terang Epo. 

Baca Juga: Penyisihan 60 Meter Seru Abis, Cek Finalisnya!

Nantinya, Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers akan diselenggarakan di Stadion Arcamanik, Bandung. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan berlangsung pada 22-24 September 2023. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES