Sang Ayu Putu Devitasari saat memulai babak penyisihan dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022-Bali Nusra Qualifiers

Masih ingat dengan Sang Ayu Putu Devitasari? yes, ia adalah juara nomor 80 meter putri di Energen Champion SAC Indonesia 2022 Bali Nusra Qualifiers. Dalam kompetisi yang diselenggarakan di Mataram, Lombok tahun lalu itu, Sang Ayu berhasil mencuri perhatian. Ia finis dengan menorehkan catatan waktu 11,23 detik. 

Tahun ini, Sang Ayu akan kembali bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers, lho. Siswi SMAN 1 Kintamani, Bali tersebut akan mengikuti perlombaan lari nomor 100 meter putri. Karena musim baru Bali Nusra Qualifiers diselenggarakan di Kupang, NTT, ia siap untuk melakukan perjalanan jauh demi meraih juara di SAC Indonesia 2023.

"Awalnya saya tanya ke ibu saya. Karena Kupang lumayan jauh. Nah, Ibu saya ternyata benar-benar mendukung saya. Karena menurut ibu, jarak tidak menjadi alasan untuk tidak bisa mengkuti kejuaraan. Lalu, coach saya, pak Putu Hery Supriadi, juga mendukung penuh dan langsung mendaftarkan saya," ungkap Sang Ayu. 

Keikutsertaan Sang Ayu dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 juga didorong oleh keinginannya yang besar dalam membanggakan nama Bali. "Karena dengan kompetisi tersebut saya bisa membawa nama Bali, lalu saya juga bisa mengukur dan mengetahui kemampuan saya," tambah Sang Ayu. 

Selain juara, Sang Ayu juga berharap dapat mengantongi satu tiket menuju National Championship, yang akan digelar di Solo. "Goals dari seorang atlet itu pasti bisa membanggakan nama dari Indonesia. Nah, saya juga ingin demikian. Saya ingin bisa bertanding di tingkat nasional, di luar negeri dan pastinya mewakili Indonesia," tuturnya. 

Sementara itu, menurut Putu Hery Supriadi, anak didiknya telah secara serius dalam mempersiapkan diri ke Energen Champion SAC Indonesia 2023. Hery berharap ia dapat mencatatkan waktu 13 kecil di persaingan tahun ini. "Kemarin Sang Ayu sudah 11 detik untuk 80 meter, saya yakin tahun ini dia pasti bisa untuk meraih hasil yang maksimal," katanya. 

Hery juga melihat bahwa penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan lebih seru dan lebih ketat dari perlombaan sebelumnya. Sehingga, ia sedang menyiapkan strategi khusus untuk Sang Ayu. 

"Dia sudah berlatih rutin dan memberikan yang terbaik. Semoga dia bisa meraih apa yang ia cita-citakan sebagai pelari nasional, bisa terbang ke luar negeri juga. Saya sebagai pelatih tentunya bangga," harap Hery. 

Baca Juga: Wakil SMPN 10 Mataram dan SMPN 1 Kintamani Berjaya di Lari 80 Meter

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers akan diselenggarakan di Kupang NTT. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan berlangsung pada 12-14 Oktober 2023. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES