Firli Sahputra (kiri), Dumpang Parluhutan Siregar (tengah) dan Ketua PASI Sumatra Utara David Luther Lubis

Firli Sahputra. Nama yang mungkin telah didengar oleh pelajar se-antero Sumatra Utara. Khususnya bagi mereka yang menggeluti didunia atletik. Siswa SMKN 2 Medan itu berhasil meraih juara lompat jauh dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 North Sumatera Qualifiers. Meraih titel Champion di National Championship. Hingga terbang ke Australia. 

Catatan terbaik Firli adalah 6,64 meter. Dan masih menjadi yang terbaik untuk wilayah Sumatra. Sementara itu, di posisi kedua catatan lompat jauh terbaik di Sumatra adalah Muhammad Alif Ramadhan dari SMAN 2 Kisaran, dengan perolehan 5,90 meter. 

Namun, karena adanya regulasi baru bahwa Champion SAC yang telah menjuarai National Championship tidak bisa kembali ke panggung kompetisi SAC Indonesia, Firli Sahputra tidak akan bersaing tahun ini. Sehingga, peluang sekolah lain untuk menyabet gelar lompat jauh putra masih terbuka. Apakah ada wakil SMKN 2 Medan yang akan menggantikan posisi Firli? 

Pelatih SMKN 2 Medan, Dumpang Parluhutan Siregar, mengaku akan serius dalam menghadapi  Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Ia bahkan berjanji akan kembali dengan membawa 100 peserta. Bahkan disebar untuk keseluruhan nomor lomba. Bukan hanya lompat jauh saja. 

“Kita memang sedang persiapan, target ada 100 orang peserta yang dibawa nanti. Dari 100 orang itu ada 30 orang yang sudah berlatih dengan sungguh-sungguh. Karena kita memang berniat meramaikan penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia Sumatera Qualifiers tahun ini,” ungkap Dumpang.

Baca Juga: Pelatih Asal Medan Ini Siap Comeback di Sumatera Qualifiers dengan 100 Siswa

Untuk nomor lompat jauh, Dumpang sudah punya jagoan baru yang siap bersaing menggantikan Firli Sahputra. Apalagi, Dumpang melihat tahun ini persaingannya akan lebih ketat dari tahun sebelumnya. "Karena pelatih-pelatih pasti menyiapkan dengan baik wakil mereka di Energen Champion SAC Indonesia. Ini kan kompetisi atletik bergengsi," tuturnya.

Jadi, SMKN 2 Medan masih akan menjadi lawan yang berat. Tapi bukan berarti sekolahmu tidak punya kesempatan, ya! Pendaftaran Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers masih dibuka. Yuk, daftar!

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers akan diselenggarakam di Stadion Unimed, Medan. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan digelar pada 22-24 September 2023. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES