Kelima skuad estafet SMAN 36 Jakarta yang akan berlada dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023-Jakarta Banten Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers akan digelar pada 29 September-1 Oktober 2023. Tentunya, deretan sekolah di wilayah Jakarta dan Banten telah menyiapkan delegasi terbaik mereka untuk memperebutkan titel juara. Salah satunya adalah SMAN 36 Jakarta. Yang akan debut di nomor 4x100 meter putra. 

Dalam nomor estafet tersebut, SMAN 36 Jakarta akan diwakili oleh Abi Firmansyah, Yoga Adi Winata, Muhammad Rivaldie Gunawan, Satria Guntara dan Alief Mamaday. Kelima penggawa tersebut baru menekuni cabang olahraga atletik. Khususnya adalah lari estafet. 

"Mereka ini ceritanya unik. Jadi, si Abi ini memang berlatih atletik sejak lama. Khususnya nomor lintasan. Nah, karena pelatihnya mengatakan kalau nomor estafet peluangnya besar, disarankan ikut itu. Tapi Abi butuh tim kan, akhirnya saya mendampingi untuk membentuk tim tersebut," ungkap M. Yudistira Arief, guru PJOK SMAN 36 Jakarta. 

Bersama dengan Abi, Yudistira menyeleksi tiga penggawa lainnya sebagai tim inti. Dan satu orang di bangku cadangan. "Yang jelas saya menyeleksi mereka itu dari anak-anak yang ada di cabor lain. Misalnya, dari futsal dan basket. Mereka juga antusias. Apalagi ini yang menyelenggarakan DBL, istilahnya bergengsi," lanjut Yudistira.

Tak butuh waktu lama, setelah menemukan tim, Yudistira langsung mendaftarkan siswanya. Bahkan akan memulai latihan intens pekan depan. "Nanti mereka latihan bersama dengan Abi dan pelatihnya. Karena estafet kan beregu, jadi harus ada latihan perpindahan tongkat juga. Agar catatan waktunya tajam," katanya. 

Sebagai guru olahraga salah satu SMA ternama di Jakarta, Yudistira mengaku bangga dengan adanya Energen Champion SAC Indonesia. Pasalnya, kompetisi ini dapat menjaring pelajar di dunia atletik dengan lebih luas. "Jadi nggak Hanya sekolah-sekolah khusus olahraga saja. Melainkan sekolah reguler juga bisa bersaing," tandasnya. 

Baca Juga: Jangan Sampai Kelewatan, Cek Periode Pendaftaran SAC Indonesia 2023

Nantinya, SMAN 36 Jakarta akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Yang akan digelar pada 29, 30 September - 1 Oktober di Jakarta. Para pelajar di Jakarta dan Banten akan berkumpul di kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES