Suasana latihan dua delegasi dari SMPN 53 Bandung untuk Energen Champion SAC Indonesia 2023

SMPN 53 Bandung akan debut dalam Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Sekolah tersebut akan mengirimkan dua pelajar. Mereka adalah Aila Badriyah dan Fikri Atallah. Yang akan berlomba dalam nomor 800 meter. Menurut Afriani Nurhayati, guru PJOK dari SMPN 53 Bandung, kedua siswanya itu telah getol berlatih.

Selain SMPN 53 Bandung yang akan debut di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, ini akan menjadi kompetisi pertama bagi Aila dan Fikri. "Keduanya kebetulan memiliki basic di volly. Jadi ini merupakan pertama kalinya mereka berkompetisi dalam Ibu dari semua cabang olahraga," kata Afriani. 

Keikutsertaan Aila dan Fikri terinspirasi oleh Nisrina Syifa Shaleha. Salah satu penggawa estafet dari SMAN 1 Pasundan yang berhasil menembus babak Energen Champion SAC National Championship. "Jadi Aila ini adik dari Nisrina. Nah, pelatih Nisrina menginformasikan pada orang tua mereka kalau Aila diikutsertakan saja dalam SAC Indonesia ini," terang Afriani.

Belum ada target juara yang ditetapkan untuk SMPN 53 Bandung. Afriani Hanya berharap bahwa para wakil sekolah tersebut bisa beradaptasi dan menjalani pertandingan dengan baik. "Terlebih lagi mereka bisa memaksimalkan kemampuannya pada saat berlaga," katanya. 

Untuk merebut gelar juara, tentunya banyak tantangan yang harus dihadapi oleh skuad SMPN 53 Bandung. "Pertama dari padatnya kegiatan sekolah. Lalu faslitas latihan. Kalau harus ke track sendiri agak terkendala karena anak-anak baru pulang sekolah pukul 16.00 WIB. Mereka juga pasti lelah," lanjut Afriani. 

Menurut Afriani, kedua anak didiknya begitu antusias. Bahkan sampai meluangkan waktu untuk berlatih secara mandiri. "Latihan mandirinya itu bahkan saat weekend. Walaupun Hanya jogging-jogging ringan saja," jelas Afriani. 

Baca Juga: Jangan Sampai Kelewatan, Cek Periode Pendaftaran SAC Indonesia 2023

Skuad SMPN 53 Bandung akan berlaga dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, yang akan digelar di Stadion Arcamanik, Bandung. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan diselenggarakan pada 22-24 September 2023. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES