Delegasi SMAN 1 Ciamis usai mengikuti Energen Champion SAC Indonesia 2022-West Java Qualifiers

SMAN 1 Ciamis memiliki modal besar untuk bersaing dalam berbagai kompetisi atletik. Rupanya, sekolah tersebut telah membangun esktrakurikuler khusus. Sehingga, para peserta dari SMAN 1 Ciamis dapat terlatih jika akan mengikuti kompetisi atletik. Salah satunya adalah Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, yang akan mereka ikuti dalam waktu dekat ini.

Menyusul penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, SMAN 1 Ciamis akan mendelegasikan 16 siswa di berbagai nomor lomba. Menurut Fajar Nurfalah, pelatih dan pembimbing dari SMAN 1 Ciamis, sebanyak 16 anak didiknya begitu antusias dan siap bersaing. 

"Menurut saya kompetisi ini bagus ya, SAC Indonesia itu ajang bergengsi, bahkan PASI pusat pun turun dan ikut serta. Selain itu, kami juga memiliki tujuan agar siswa dan siswi ini memiliki pengalaman," ungkap Fajar. "Mereka juga antusiasnya tinggi, berlatih bersama juga dalam esktrakurikuler atletik di sekolah itu." 

Ekstrakurikuler atletik di SMAN 1 Ciamis sebenarnya baru terbentuk. Usianya saja baru memasuki satu tahun. Fajar merupakan salah satu founding fathers dari ekstrakurikuler tersebut. Menurutnya, siswa tak harus berlatih di luar sekolah untuk mengembangkan kemampuan atletiknya. Mereka dapat mempelajari banyak hal di ekstrakurikuler itu. 

"Kebetulan saya ini alumni SMAN 1 Ciamis, tapi saya dulu latihan atletiknya di luar. Nah kenapa nggak sekalian aja di sekolah. Toh, kompetisi atletik kan ada beberapa yang besar selain SAC yang bisa diikuti. Seperti O2SN. Buat persiapan ke sana misalnya," kata Fajar. 

Selain berfungsi menumbuhkan bakat siswa, ekstrakurikuler atletik juga dapat menjadi ruang berlatih bagi olahraga lainnya. "Atletik itu ibu dari semua cabor olahraga, jadi bagi saya tidak hanya untuk khusus atletik dan menjadikan prestasi saja di atletik, tapi bisa jadi melatih koordinasi kaki dan tangan juga untuk menunjang di cabor lain," lanjutnya. 

Baca Juga: Nasywa Athaya Bakal Kembali Bersaing di SAC Indonesia West Java Qualifiers

Tak lupa Fajar juga mengapresiasi Energen Champion SAC Indonesia 2023. Menurutnya, kompetisi ini dapat menjadikan pelajar-pelajar yang memiliki potensi besar diperhatikan oleh PASI. "Jadi nanti mereka ini bisa meregenerasi atlet-atlet Indonesia. Bahkan mungkin bisa mewakili Indonesia di perlombaan bergengsi lainnya. Khususnya untuk usia remaja," terangnya. 

Nantinya, SMAN 1 Ciamis akan bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, yang digelar di Stadion Arcamanik, Bandung. Kompetisi tersebut akan diselenggarakan mulai 22-24 September 2023. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

 

  RELATED ARTICLES