Nasywa Athaya saat bersaing di Energen Champion SAC National Championship di Gelora Bung Karno, Jakarta

Nasywa Athaya dari SMAN 1 Ciamis kembali ke panggung kompetisi Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Juara tolak peluru putri dari Energen Champion SAC Indonesia 2022 itu punya tujuan besar. Yakni memperbaiki Catatan lemparnya yang diperoleh pada penyelenggaraan tahun lalu. 

Nasywa mengatakan bahwa dirinya merasa belum puas dengan perolehan tahun lalu. Dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022-West Java Qualifiers, Nasywa mencatatkan jarak 7.76 meter. Tahun ini, Nasywa ingin mempersembahkan yang lebih baik. "Sekaligus di kompetisi tahun ini, aku mau ngukur kemampuanku. Dengan ikut SAC tahun ini aku bakalan lebih atau gimana. Kalau lebih berarti latihannya benar nih," ungkap Nasywa. 

Sebagai juara di Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers, Nasywa sukses menembus babak National Championship di Jakarta. Namun, ia belum beruntung untuk meraih titel sebagai Champion SAC tahun lalu. "Dan tahun ini sepertinya akan lebih ketat lagi persaingannya. Pasti ada peningkatan. Jadi aku harus banyak-banyak latihan juga," kata Nasywa. 

Karena perlombaan atletik tidak selalu ada setiap bulannya, Nasywa ingin memanfaatkan SAC Indonesia untuk membuat bangga keluarga dan sekolahnya. Terlebih lagi, tolak peluru putri merupakan bidang yang ia kuasai. "Jadi ketika ada kesempatan Energen Champion SAC Indonesia 2023 ini nggak akan aku sia-siakan," lanjutnya. 

Untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia tahun ini, Nasywa fokus untuk berlatih teknik dan kekuatan otot. "Karena tujuan utamaku adalah bisa melebihi limit diri sendiri," pungkas pelajar yang mengidolakan boygroup NCT Dream tersebut. 

Meskipun telah mengantongi pengalaman sebagai juara di wilayah Jawa Barat, Nasywa masih sedikit nervous. Apalagi, persaingan tahun ini tampaknya cukup ketat. "Cuma aku sebisa mungkin untuk mengatasinya, hehehe. Nanti kita ketemu di SAC Jawa Barat ya," katanya. 

Baca Juga: Sempat Ragu di Tolak Peluru, Nasywa Athaya Justru Juara di SAC

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES