Beberapa dari kamu mungkin sudah mengenal fun run. Salah satu kegiatan olahraga lari yang  menyehatkan namun dikemas dengan menyenangkan. Biasanya, fun run terbuka secara umum dan bisa diikuti oleh siapa saja. Mulai dari remaja hingga orang dewasa. Bahkan, fun run tidak memerlukan kriteria dan background khusus sebagai seorang atlet. 

Istilah fun run pertama kali diciptakan pada tahun 1970-an dan digunakan untuk menggambarkan suatu aktivitas di mana orang akan berlari dalam jarak yang telah ditentukan dengan peraturan yang tidak terlalu ketat. Penyelenggaraan fun run biasanya dikaitkan dengan acara amal dan merayakan hal tertentu. 

Fun run menjadi salah satu aktivitas lari massal paling populer di dunia. Kegiatan fun run tidak dibatasi oleh jumlah peserta. Selain itu, aktivitas ini biasanya dilakukan di pusat kota dan tidak memerlukan lapangan atau media khusus untuk berlari. Memasuki abad ke-21, penyelenggaraa Fun Run biasanya diadakan di jalan raya. 

Salah satu kompetisi fun run paling populer di antaranya, Bay to Bakers, yang diadakan di San Fransisco, California. Pada 1986, Bay to bakers digelar dan diikuti oleh 110 ribu orang. 

Terlepas dari sifat penggalangan dana, fun run biasanya dibentuk sebagai aktivitas yang tidak kompetitif. Dengan kata lain, tidak seharusnya ada pemenang dalam lari yang menyenangkan. Namun, dalam beberapa kasus peserta pertama yang berhasil finis mendapatkan apresiasi dan rewards. 

Baca Juga: Lari Maraton: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Manfaat

Berapa Lama Waktu dan Jarak yang Dibutuhkan dalam Fun Run?

Dalam fun run, konsep waktu dan jarak biasanya bukan jadi hal yang pertama. Fun run biasanya mengajak orang untuk mencintai olahraga lari. Namun, beberapa event fun run juga memberikan Batasan waktu dan jarak. Yang bervariasi tergantung pada penyelenggaraan event tersebut. Di Indonesia, fun run biasanya digelar dalam jarak 5k dan 10k. Artinya, peserta harus menyelesaikan jarak 5.000 meter (5Km) atau 10.000 meter (10Km)

Perbedaan Fun Run dan Lari Marathon

Perbedaan fun run dan lari marathon terletak pada aturan dan konsepnya. Fun run biasanya merupakan kegiatan yang bisa diikuti oleh orang umum. Terutama untuk keluarga atau teman. Acara ini dimaksudkan sebagai acara hiburan menyenangkan dan tidak terlalu serius. Fun run bisa diikuti oleh orang yang jarang melakukan berlari. 

Sementara, lari marathon memiliki jangka waktu tertentu dan memiliki jarak lari yang tetap. Lari marathon memiliki jarak lari 42.195 Km. Lari marathon diikuti oleh atlet lari. Sifatnya juga bersaing dan semua orang pasti ingin tampil dengan baik. Pelari dapat berlari sendiri atau berkelompok dengan kecepatan yang sama. Peserta biasanya berusaha keras untuk mendapatkan catatan pribadi. (*)

  RELATED ARTICLES