Gempa bumi di Cianjur tahun 2022 tidak hanya berdampak pada bangunan dan ditimbulkannya korban jiwa. Peristiwa tersebut juga mempengaruhi aktivitas sosial para pelajar di wilayah pesisir Jawa Barat. Salah satunya keikutsertaan dalam kompetisi Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 West Java Qualifiers. 

SMA Al-Ittihad Cianjur merupakan salah satu sekolah yang gagal ikut Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers karena gempa bumi. Sehingga, mereka pun mengurungkan semua niat latihan dan target juara. Tetapi, sejak pengumuman Energen Champion SAC Indonesia 2023 bergulir, mereka begitu semangat. "Alhamdulillah, event ini diadakan kembali. Sehingga kami memutuskan untuk ikut," ungkap Jaya Nursetia Wandi, guru PJOK dari SMA Al-Ittihad Cianjur. 

SMA Al-Ittihad Cianjur akan mengirimkan beberapa delegasi untuk Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Keduanya akan bersaing di nomor tolak peluru putri. Pemilihan tersebut berdasarkan catatan rekor SAC tahun lalu. "Kami belum bisa mengirimkan delegasi untuk nomor lompat dan lintasan karena belum ada yang mendekati rekor tahun kemarin," kata Jaya. 

Sebagai persiapan menuju Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, SMA Al-Ittihad Cianjur berlatih dengan acuan rekor tahun lalu. "Kami juga melihat profil masing-masing juara untuk gambaran dan modal persaingan kami tahun ini," lanjut Jaya. 

Para delegasi dari SMA Al-Ittihad Cianjur merupakan newbie di atletik. Meskipun begitu, Jaya mengaku anak didiknya begitu antusias mengikuti kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia. "Baru satu tahun di atletik. Dan untuk lomba hanya beberapa kali mengikuti lomba antar pelajar," kata Jaya. 

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikut SAC Indonesia

Misi SMA Al-Ittihad begitu besar. Sekolah tersebut, yang pada dasarnya merupakan sekolah pesantren, ingin membuktikan bahwa santriwati juga bisa meraih juara. "Apalagi juaranya di ajang bergengsi seperti SAC Indonesia juga. Mereka tentunya sangat antusias," pungkas Jaya. 

SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES