Student Athletics Championships (SAC) Indonesia Sumatera Qualifiers akan digelar pada 1-3 September 2023. Menyusul kabar tersebut, sekolah-sekolah di wilayah Sumatera berlomba untuk mengirimkan pelajar terbaik mereka. Salah satunya adalah SMPN 1 Pantai Cermin yang mendelegasikan Risa Br Sirait ke SAC Indonesia untuk nomor 80 meter. 

Menurut guru PJOK SMPN 1 Pantai Cermin, Karimuddin, Risa merupakan pelajar yang baru mengikuti atletik. Namun karena minat dan bakatnya besar, ia memutuskan untuk mengikuti SAC Indonesia. "Apalagi kepala sekolah dan jajaran guru sangat mendukung, sehingga saya semangat mengikutsertakan anak didik saya di SAC Indonesia," tutur Karimuddin.

Untuk mengikuti SAC Indonesia-Sumatera Qualifiers, persiapan Risa telah mencapai 80 persen. "Risa latihan dua kali dalam seminggu dan antusias sekali. Dia bertanya terus kapan perlombaannya agar segera dilaksanakan," ungkap Karimuddin. 

Risa Sirait saat berlatih untuk SAC Indonesia

Target dari SMPN 1 Pantai Cermin begitu besar. Mereka ingin membuat siswa-siswi di SMPN 1 Pantai cermin cinta akan olahraga. Khususnya atletik. "Dengan keikutsertaan Risa di SAC Indonesia, saya berharap teman-teman yang lain ikut termotivasi," ungkap Risa. 

Selain itu, SMPN 1 Pantai Cermin ingin menyabet gelar juara. Juga bisa bersaing dan mendapatkan medali emas di tingkat nasional dan internasional. 

Baca Juga: Registrasi SAC Indonesia 2023 Sumatera dan West Java Dibuka, Cek Cara Daftarnya!

SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES