Tim estafet SMAN 1 Cisaat dalam SAC Indonesia 2022

Tim estafet SMAN 1 Cisaat akan kembali bersaing di Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023. Ini menjadi kali kedua bagi sekolah tersebut bersaing di SAC Indonesia. Sebelumnya, estafet SMAN 1 Cisaat sukses menembus National Championship, setelah memperoleh gelar runner up di nomor 4x100 meter putra SAC Indonesia - West Java Qualifiers.

Formasi estafet 4x100 meter putra dari SMAN Cisaat akan seperti tahun lalu. "Anak kami masih mengikuti nomor yang sama. Untuk tahun sekarang, tim estafet kami masih anak yang tahun lalu tiga orang," ungkap Rojak, salah satu guru PJOK dari SMAN 1 Cisaat. 

Para tim estafet SMAN 1 Cisaat merupakan newbie di atletik. Mereka bahkan baru saja mempersiapkan latihan atletik. Meskipun begitu, tim SMAN 1 Cisaat telah mencoba bebera kompetisi. Misalnya mengikuti ajang FOP tingkat kabupaten. "Dari tiga pelari estafet itu mereka urutan 2, 3 dan 4. Maka dari itu saya bentuk tim estafet SMAN 1 Cisaat," tambah Rojak. 

Tim estafet SMAN 1 Cisaat kembali menargetkan National Championship di SAC Indonesia 2023.  "Yang pertama kami targetkan bisa masuk West Java Qualifiers," sambung Rojak. 

Karena menargetkan National Championship, tim estafet SMAN 1 Cisaat melakukan persiapan SAC Indonesia 2023 selama sekitar 2 bulan. Mereka bahkan melakukan latihan selama tiga kali. "Yang melatih saya sendiri. Persiapan ini sangat terbatas. Karena waktu belajar yang sampai sore dan pastinya ada kegiatan lain," kata Rojak. 

Atletik merupakan cabang olahraga yang dipelajari di SMAN 1 Cisaat. Hanya saja belum ada ekstrakurikuler sebagai pendukungnya. "Untuk persiapan conditional, diawali seleksi internal sekolah baru latihan khusus," lanjut Rojak. 

Baca Juga: Newbie di Atletik, Tim Estafet SMAN 1 Cisaat Tembus National Championship

SMAN 1 Cisaat ingin memberikan pengalaman ke pada anak dan mengukur kemampuan mereka dalam olahraga atletik. Ini berhasil atau tidak. Juara bukan tujuan utama, yang terpenting mereka bisa belajar di SAC Indonesia istimewa dan luar biasa. "Mereka tentunya sangat antusias luar biasa," pungkas Rojak. 

SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES