Peserta SAC National Championship saat bersaing di Stadion Madya, GBK, Jakarta

Student Athletics Championships (SAC) Indonesia merupakan kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia. Kompetisi ini merupakan hasil kolaborasi antara PB PASI dan DBL Indonesia. Meskipun statusnya kompetisi pelajar, SAC Indonesia cukup serius terhadap kompetisi ini. Hal tersebut terbukti dari ada penggunaan photo finish dalam penentuan hasil. 

Tetapi, kemungkinan protes dalam sebuah kompetisi terkadang masih terjadi. Misalnya, protes terkait kecurangan peserta lain, status keabsahan peserta yang ikut dalam SAC Indonesia, atau terkait penentuan hasil. Namun, bagaimana sih aturan SAC Indonesia terkait protes peserta? 

Protes yang menyangkut keabsahan peserta harus diselesaikan sebelum technical meeting dimulai melalui panitia. Artinya, peserta dan ofisial harus menghadap panitia sebelum TM dilakukan. 

Sementara itu, protes menyangkut suatu hasil perlombaan dapat diajukan dalam waktu 30 menit setelah suatu hasil perlombaan diumumkan secara resmi oleh panitia lomba.

Setiap protes tingkat pertama dapat disampaikan secara lisan oleh peserta yang bersangkutan atas nama peserta tersebut kepada wasit. Perlu diingat juga, protes terkait peserta harus dilengkapi dengan bukti-bukti yang cukup. Kemudian, wasit akan mempertimbangkan untuk mengambil keputusan atau akan meneruskannya kepada panitia hakim.

Apabila keputusan wasit atas protes yang baru diajukan ternyata tidak diterima oleh pihak yang mengajukan protes, pihak yang melakukan pengajuan protes dapat naik banding kepada dewan hakim.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikut SAC Indonesia

Protes terhadap peserta atau ofisial yang bermasalah ketika SAC Indonesia 2023 berlangsung, wajib dengan surat resmi yang bertanda tangan ofisial, dan kepala sekolah. Surat tersebut diberikan dengan bukti-bukti yang kuat. 

Proses terhadap protes tersebut akan dilakukan dengan jangka waktu maksimal H+3 dari surat protes masuk. Selama masa proses verifikasi terhadap protes, atlet yang bermasalah tetap diperbolehkan berlomba di SAC Indonesia.

Ketika terbukti peserta dan ofisial yang bermasalah berbuat kecurangan (manipulasi atau apapun), akan dikeluarkan surat keputusan resmi yang melarang keikutsertaan peserta, ofisial dan sekolah untuk SAC Indonesia selama waktu yang tidak ditentukan. (*)

Jangan lupa untuk download regulasi perlombaan di halaman "Home" website www.sacindonesia.com

  RELATED ARTICLES