Para delegasi SMAN 1 Nagreg ketika latihan untuk menghadapi SAC Indonesia. Dok: Ibnu Lukman Hakim Dekanara

SMAN 1 Nagreg akan memperbanyak delegasi untuk Student Athletics Championships (SAC) Indonesia West Java Qualifiers tahun 2023. Sekolah tersebut berencana mengirimkan 13 pelajar untuk bersaing di berbagai nomor lomba dalam kompetisi atletik terbesar di Indonesia itu. 

Jumlah tersebut tentunya lebih banyak dari keikutsertaan mereka pada SAC Indonesia tahun 2022, yang hanya terdiri dari delapan siswa. 

Meskipun memperbanyak delegasinya, beberapa pelajar telah memiliki pengalaman di SAC Indonesia tahun lalu. "Sedangkan beberapa siswa sisanya adalah peserta baru namun memiliki ketertarikan terhadap olahraga atletik," ungkap Ibnu Lukman Hakim Dekanara, salah satu guru PJOK dari SMAN 1 Nagreg. 

Atletik merupakan cabang olahraga yang dipelajari oleh semua siswa SMAN 1 Nagreg. Hanya saja belum ada ekstrakurikuler khusus. Meskipun begitu, sekolah tersebut telah berulang kali mengikuti kompetisi multievent antar pelajar. Salah satunya adalah O2SN.

Di luar itu, SAC Indonesia adalah event perlombaan pertama yang diikuti oleh SMAN 1 Nagreg. Dan tentunya sekolah tersebut sangat mendukung adanya kompetisi ini. "Karena SAC Indonesia bisa menjadi wadah bagi siswa-siswi untuk berprestasi dalam olahraga atletik," tambah Ibnu. 

Tahun ini, SMAN 1 Nagreg memiliki target untuk menjuarai babak regional qualifiers. Lebih baik lagi jika dapat menembus babak National Championship. "Karena melihat antusiasme anak-anak sangat tinggi. Terutama dalam hal latihan. Ini juga karena mereka ingin mendapatkan hasil yang maksimal," lanjut Ibnu. 

Bahkan, SMAN 1 Nagreg juga telah memiliki tim pelatih khusus yang diperuntukkan bagi SAC Indonesia. Tim tersebut terdiri dari guru-guru PJOK di SMAN 1 Nagreg. "Anak-anak berlatih dalam 1 minggu sebanyak 3 kali di mana untuk beberapa minggu mendekati pertandingan ini intensitas latihan yang siswa lakukan tinggi," kata Ibnu. 

SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES