SMA PGRI 2 Subang bakal bersaing di Student Athletics Championships (SAC) Indonesia. Sekolah tersebut rencananya akan mendaftarkan sebanyak lima siswa dalam kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu. Menurut Ricky Irawan, salah satu pembina ekstrakurikuler di sekolah tersebut mengatakan, siswanya antusias mengikuti SAC Indonesia. 

Apalagi, salah satu siswa dari SMA PGRI 2 Subang, Fani Rahma Sari, sukses menyabet posisi runner up dalam SAC Indonesia West Java Qualifiers 2022. Khususnya untuk nomor 1.000 meter putri. "Sejak saat itu, kami membentuk ekstrakurikuler atletik dan mulai fokus untuk melatih siswa-siswi yang memiliki minat yang sama," ungkap Ricky. 

Dari banyak siswa yang mengikuti program ekstrakurikuler di sekolahnya, Ricky dan jajaran para guru memilih lima siswa yang akan bersaing di SAC Indonesia tahun ini. Untuk mempersiapkan hal tersebut, SMA PGRI 2 Subang meningkatkan intensitas dan porsi latihan di periode libur sekolah. 

"Justru kami tingkatkan untuk mengejar target kami menjadi juara di salah satu nomor di West Java Qualifiers," ungkap Ricky. 

Menurut Ricky, Fani Rahma Sari juga akan kembali mengikuti SAC Indonesia West Java Qualifiers tahun ini. Ricky berharap Fani bisa tampil maksimal dan kembali menyabet juara di nomor lari jarak menengah 1.000 meter putri. Selain itu, Ricky juga melihat bahwa SAC Indonesia tahun ini akan lebih seru. 

"Apalagi SAC Indonesia ini sangat bagus untuk pengalaman dan pembelajaran atletik bagi anak-anak. Berpartisipasi di event besar, semangat berkompetisi dan kesungguhan untuk menampilkan yang terbaik," pungkas Ricky. 

Baca Juga: Registrasi SAC Indonesia 2023 Sumatera dan West Java Dibuka, Cek Cara Daftarnya!

Sebagaimana diketahui, SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship khusus untuk tingkat SMA. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. Pendaftaran Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers dan West Java Qualifiers juga telah dibuka. (*)

  RELATED ARTICLES