Sosok Ariel Fahreza Septiabudi

Ariel Fahreza Septiabudi akan kembali mewakili SMAN 1 Baleendah dalam Student Athletics Championships Indonesia (SAC) West Java Qualifiers. Nantinya, siswa kelas XI tersebut akan bersaing dalam nomor lari jarak menengah 1.000 meter. Menurut Ariel, ini merupakan kali kedua dirinya untuk ikut dalam kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu. 

Tahun ini, Ariel memiliki target besar. Yakni meraih juara, mendapatkan pengalaman SAC Indonesia dan bisa membanggakan orang tua. "Di SAC 2022 saya sudah pernah ikut cuma mungkin belum rezekinya ya, sekarang kedua kalinya ikutan SAC Indonesia semoga mendapat hasil yang terbaik dari sebelumnya," kata Ariel. 

Ariel sendiri sudah mendalami atletik lebih dari lima tahun lamanya. Saat itu, ia direkomendasikan oleh guru olahraga sekolahnya. "Di situ saya berlatih pada umumnya atlet, semenjak itu atletik menarik juga. SMP mulai mendalami apa itu atetik & keterusan sampai sekarang," ungkap Ariel. 

Karena berpengalaman dalam SAC Indonesia, Ariel telah melakukan mapping. Ia menyebut persaingan tahun ini akan lebih ketat dari tahun sebelumnya. Pasalnya, banyak atlet yang sudah mempersiapkan diri untuk SAC Indonesia. "Saya pribadi pun belajar dari atlet yg berpengalaman, bahwa saya harus lebih baik dari mereka," tutur Ariel. 

Untuk itu latihan Ariel sebagai persiapan SAC Indonesia cukup intens. "Saya 4x latihan dalam seminggu, latihan seperti pada umumnya atlet. Yang paling sering latihan ABC, drill, interval, endurance, juga masih banyak lagi," lanjut Ariel. 

Baca Juga: Registrasi SAC Indonesia 2023 Sumatera dan West Java Dibuka, Cek Cara Daftarnya!

Ariel berharap bahwa SAC Indonesia dapat menjadi kompetisi tahunan pelajar yang bisa sangat dinantikan oleh sekolah-sekolah. Menurutnya, SAC Indonesia juga bisa menjadi ajang tumbuhnya atlet-atlet berkualitas di Indonesia. 

Sebagaimana diketahui, SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. Pendaftaran Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers dan West Java Qualifiers juga telah dibuka. (*)

  RELATED ARTICLES