Pertama kali mendalami sesuatu bisa menjadi hal yang menakutkan bagi siapa saja. Khususnya terjun ke salah satu cabang olahraga. Atletik, misalnya. Kali ini, SAC Indonesia akan membahas panduan utama bagi pelajar yang ingin mendalami olahraga atletik. 

Bagaimana Cara Memilih Klub dan Pelatih?

Mencari klub atletik yang pas bisa menjadi langkah pertama yang berat. Tetapi kamu harus tahu, jika sebagian besar klub atletik di seluruh dunia sangat ingin memperbanyak jumlah keanggotaan mereka. Serta mencetak prestasi dari para anggota tersebut. So, kamu jangan khawatir dan pasti akan mendapat ilmu dengan baik. 

Kamu sekarang juga bisa menggunakan media sosial untuk mendapatkan informasi terkait klub atletik yang memiliki pelatih berlisensi. Selain itu, kamu juga bisa menilai pelatih dari sejauh mana pelatih dapat mengikutsertakan anak didiknya di perlombaan atletik. 

Media sosial juga akan sering menyoroti setiap prestasi dan gambaran waktu pelatihan. Selain itu, media sosial juga pasti dikelola oleh orang yang tepat yang dihubungi untuk mengajukan beberapa pertanyaan. 

Pastikan Kamu Memiliki Sepatu yang Sesuai

Sepatu dengan atletik umumnya lebih ringan daripada yang biasa digunakan di jalan, dengan ketinggian tumpukan yang lebih rendah dan penyangga yang lebih sedikit. Memang ada varian dengan beberapa model yang menawarkan lebih banyak dukungan daripada yang lain.

Pertama kali memakai sepatu dengan paku akan terasa asing. Dan dapat menyebabkan banyak tekanan pada kaki. Terutama betis yang biasanya menerima sepatu lebih empuk.

Saat berlatih di lintasan , banyak yang akan memilih untuk berlatih dengan sepatu jalan yang lebih ringan. Kemudian, secara bertahap akan memakai sepatu dengan perlengkapan paku saat kaki mulai terbiasa dengan lintasan yang berbeda.

Saat mengikuti kompetisi, ikutilah aturan dari federasi telah mengadopsi panduan World Athletics tentang sepatu apa yang memenuhi syarat untuk kompetisi. (*)

  RELATED ARTICLES