Valentino Noval Prananta usai berlatih untuk mempersiapkan SAC Indonesia

SMKN 1 Cimahi akan bersaing dalam Student Athletics Championships (SAC) Indonesia - West Java Qualifiers. Sekolah tersebut akan diwakili oleh Valentino Noval Prananta. Khususnya di nomor 1.000 meter putra. Ini menjadi kali pertama bagi SMKN 1 Cimahi untuk terjun dalam SAC Indonesia. 

Keikutsertaan SMKN 1 Cimahi di SAC Indonesia didorong oleh motivasi yang besar. Menurut guru olahraga SMKN 1 Cimahi, Erwin, sekolah tersebut ingin membuktikan bahwa sekolah kejuruan dapat bersaing dengan sekolah menengah atas umum lain. Sehingga, ada image bahwa sekolah kejuruan juga mampu unggul di bidang olahraga. 

“SAC Indonesia bisa jadi momen bagus lho untuk kita semua. Juga menjadi kesempatan bagi anak-anak kita agar tetap berlatih dan mau ikut SAC Indonesia. SMK itu nggak akan kalah lho untuk anak SMA. Ini juga bisa menjadi pengalaman buat anak. Apalagi selama Pandemi Covid-19 kan semua aktivitas berhenti,” kata Erwin. 

Valentino Noval Prananta memang telah mendalami olahraga sejak lama. Bukan atletik sejatinya. Namun, Valen, panggilannya, ingin mengembangkan bakatnya di ibu dari semua cabang olahraga ini. “Valen antusias sekali. Bahkan selalu mengejar saya sejak pendaftaran mengenai SAC Indonesia dibuka,” tutur Erwin.. 

Untuk menghadapi SAC Indonesia, Valen telah berlatih dengan sungguh-sungguh. Bahkan Erwin juga membantunya dengan membuatkan program latihan khusus. “Palingan kalau di sekolah saya ingin dia meningkatkan daya tahan,” lanjut Erwin. 

Meskipun tampaknya SAC Indonesia West Java Qualifiers tahun ini tampaknya akan ketat, Erwin percaya bahwa Valen mampu bersaing dengan pelajar lainnya. “Semoga Valen bisa menembus babak nasional dan bisa ke tingkat internasional. Saya pasti akan mendukung sepenuhnya,” tambah Erwin. 

Baca Juga: Registrasi SAC Indonesia 2023 Sumatera dan West Java Dibuka, Cek Cara Daftarnya!

SAC Indonesia akan kembali bergulir tahun ini. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia ini akan mencari bakat-bakat terpendam atletik dari seluruh Indonesia. Diharapkan dengan perolehan para Champion SAC di Kejurnas Atletik, dapat memberikan inspirasi bagi banyak pihak. 

Sebagaimana diketahui, SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. Pendaftaran Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers dan West Java Qualifiers juga telah dibuka. (*)

  RELATED ARTICLES